Tes
tertulis merupakan bentuk Penilaian yang digunakan dengan menyajikan
sejumlah pertanyaan dan menggunakan jawaban tertulis sebagai
bukti tingkat pencapaian pengetahuan, kompetensi, pemahaman dan
sikap siswa secara perorangan.
Pertanyaan
yang dikembangkan sebagai bukti pencapaian kompetensi dan sikap
yang berbentuk pertanyaan dengan jawaban singkat
atau panjang, betul – salah, menjodohkan, pilihan ganda, skala likert,
kuisioner, dan refleksi diri. Begitu pula bentuk jawaban siswa, tidaklah selalu
harus menulis jawabannya, kadang-kadang siswa menanggapi dengan centang, garis,
gambar, diagram dan coretan lain di atas bahan cetakan. Alat tulisnya pun tidak
terbatas pada pensil, dan kertas, melainkan bisa pula menggunakan crayon atau
kapur di papan tulis. Bahkan seiring dengan kemajuan teknologi, siswa dapat
memberikan responnya melalui keyboard computer atau format input berbasis
teknologi yang lain.
Tujuan tes tertulis beragam sesuai
dengan jenis keperluannya, yaitu:
a.
Mendiagnosis kekuatan dan kelemahan siswa
b.
Mengevaluasi pengetahuan/pemahaman, kemampuan/keteram-pilan,
dan sikap siswa
c.
Sertifikasi
d.
Seleksi
e.
Memantau standar
Format pertanyaan yang dikembangkan
dapat berbentuk:
a.
Essai
b.
Jawaban singkat
c.
Multiple choise
d.
Kuesioner
e.
Skala Likert, Skala Thurstone, dan Differential
Semantik
Mata Pelajaran
|
Indikator
|
Format Pertanyaan
|
Matematika
|
Menafsirkan dan membandingkan
informasi yang disajikan
|
Jawaban singkat
|
Tabel 1. Contoh indikator dan format pertanyaan
Jenis Format
Jawaban Siswa dapat berupa:
a.
Cloze procedure
b.
Peta konsep
c.
Essai
d.
Jawaban singkat
e.
Tulisan pengungkapan kembali
f.
Penyelidikan (investigation)
g.
Menjodohkan
h.
Multiple choise
i.
Skala Sikap
j.
Kuesioner
k.
Refleksi diri
Memilih format jawaban siswa dapat
dilakukan dengan memusatkan perhatian pada jenis kata kerja yang digunakan
dalam indikator (outcomes). Contoh kemampuan yang dibutuhkan
siswa dan format jawaban yang mungkin, tampak pada Tabel sbb:
Kemampuan
yang dibutuhkan siswa untuk
|
Format
Jawaban yang mungkin
|
Menghitung, mengingat,
memilih, mendefinisikan, mengidentifikasikan.
|
Pilihan ganda
|
Menyatakan, mendefinisikan,
menentukan, mengklasifikasikan, mengidentifikasikan, menguraikan, menghitung,
mendeskripsikan.
|
Jawaban singkat
|
Membandingkan, mengevaluasi,
mengkontraskan, menerjemahkan, mengembangkan, menganalisis,
menginterpretasikan, mendiskusikan, merencanakan.
|
Essai, investigasi
|
Tabel 2. Jenis kata kerja yang
digunakan dalam indikator dan format jawaban.
Contoh-contoh
soal Penilaian tertulis beserta kemampuan matematik yang diukur:
Contoh soal
Penilaian tertulis - Kemampuan penalaran
Bila temanmu menyelesaikan beberapa soal seperti
berikut ini,
1) 12x + x = 12x2
2) (10x) (2x) = 20x
di manakah letak
kesalahannya? Bagaimanakah seharusnya?
Sifat apakah
yang diterapkan setiap langkah penyelesaian soal berikut ini?
12m2 ( 5b
+ c2 )
-
12m2 (5b) + (12m2) (c2) (sifat
....
)
-
(12)(5) (m2 b) + 12m2 c2 (sifat
.... )
-
(12)(5) (bm2) + 12c2 m2 (sifat
.... )
-
60bm2 + 12c2 m2
Contoh Penilaian Tertulis – Kemampuan
koneksi
a. Bu
Anis memiliki sejumlah usaha industri rumah tangga, yaitu produksi makanan
ringan. Pemasaran semua produksinya itu dipercayakan kepada ketiga
anaknya, yaitu Irma, Cindy, dan Erna. Irna bertugas memasarkan kue lapis,
donat, dan kue molen. Cindy bertugas memasarkan kue molen dan dadar
gulung. Erna bertugas memasarkan donat dan kue putu.
1) Jika karyawan Bu Anis yang
bertugas memproduksi donat selesai membuat donat, kepada siapa ia harus
memberikan kuenya itu untuk dipasarkan?
2) Apakah Cindy dan
Erna memasarkan kue yang sama?
b. Dalam
suatu kompetisi sepak bola, setiap kesebelasan yang menang (m) diberi skor 3,
seri (s) diberi skor 1, dan kalah (k) skornya 0. Bila suatu
kesebelasan telah melakukan 18 kali pertandingan dan mengumpulkan skor 29,
1) mungkinkah data skor kesebelasan
tersebut adalah m=9, s=5, k=15? Mengapa?
2) tentukan kemungkinan yang benar
bahwa kesebelasan tersebut menang(m), seri(s), dan kalah(k)!
No comments:
Post a Comment
Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........