sponsored

Tuesday, November 24, 2015

Tes tertulis (Paper and Pencil Tes) Matematika



Hasil gambar untuk penilaian
Tes tertulis merupakan bentuk Penilaian yang digunakan dengan menyajikan sejumlah pertanyaan dan menggunakan jawaban tertulis sebagai bukti  tingkat pencapaian pengetahuan, kompetensi, pemahaman dan sikap siswa secara perorangan.
Pertanyaan yang dikembangkan sebagai bukti pencapaian kompetensi dan sikap yang berbentuk  pertanyaan dengan jawaban  singkat atau panjang, betul – salah, menjodohkan, pilihan ganda, skala likert, kuisioner, dan refleksi diri. Begitu pula bentuk jawaban siswa, tidaklah selalu harus menulis jawabannya, kadang-kadang siswa menanggapi dengan centang, garis, gambar, diagram dan coretan lain di atas bahan cetakan. Alat tulisnya pun tidak terbatas pada pensil, dan kertas, melainkan bisa pula menggunakan crayon atau kapur di papan tulis. Bahkan seiring dengan kemajuan teknologi, siswa dapat memberikan responnya melalui keyboard computer atau format input berbasis teknologi yang lain.
Tujuan tes tertulis beragam sesuai dengan jenis keperluannya, yaitu:
a.     Mendiagnosis kekuatan dan kelemahan siswa
b.     Mengevaluasi pengetahuan/pemahaman, kemampuan/keteram-pilan, dan sikap siswa
c.     Sertifikasi
d.     Seleksi
e.     Memantau standar

Format pertanyaan yang dikembangkan dapat berbentuk:
a.     Essai
b.     Jawaban singkat
c.     Multiple choise
d.     Kuesioner
e.     Skala Likert, Skala Thurstone, dan Differential Semantik
Mata Pelajaran
Indikator
Format Pertanyaan
Matematika
Menafsirkan dan membandingkan informasi yang disajikan
Jawaban singkat
Tabel 1. Contoh indikator dan format pertanyaan


Jenis Format Jawaban Siswa dapat berupa:
a.     Cloze procedure
b.     Peta konsep
c.     Essai
d.     Jawaban singkat
e.     Tulisan pengungkapan kembali
f.      Penyelidikan (investigation)
g.     Menjodohkan
h.      Multiple choise
i.       Skala Sikap
j.      Kuesioner
k.     Refleksi diri
Memilih format jawaban siswa dapat dilakukan dengan memusatkan perhatian pada jenis kata kerja yang digunakan dalam indikator (outcomes).  Contoh kemampuan yang dibutuhkan siswa dan format jawaban yang mungkin, tampak pada Tabel sbb:
Kemampuan yang dibutuhkan siswa untuk
Format Jawaban yang mungkin
Menghitung, mengingat, memilih, mendefinisikan, mengidentifikasikan.
Pilihan ganda
Menyatakan, mendefinisikan, menentukan, mengklasifikasikan, mengidentifikasikan, menguraikan, menghitung, mendeskripsikan.
Jawaban singkat
Membandingkan, mengevaluasi, mengkontraskan, menerjemahkan, mengembangkan, menganalisis, menginterpretasikan, mendiskusikan, merencanakan.
Essai, investigasi
Tabel 2. Jenis kata kerja yang digunakan dalam indikator dan format jawaban.



Contoh-contoh soal Penilaian tertulis beserta kemampuan matematik yang diukur:
Contoh soal Penilaian tertulis - Kemampuan penalaran
Bila temanmu menyelesaikan beberapa soal seperti berikut ini,
1)   12x + x = 12x2
2)  (10x) (2x) = 20x
di manakah letak kesalahannya?  Bagaimanakah seharusnya?
Sifat apakah yang diterapkan setiap langkah penyelesaian soal berikut ini?  
  12m2  ( 5b + c2 )
-          12m2 (5b) + (12m2) (c2)                               (sifat ....      )
-          (12)(5) (m2 b) + 12m2 c2                              (sifat ....      )
-          (12)(5) (bm2) + 12c2 m2                               (sifat ....      )
-          60bm2 + 12c2 m2
          Contoh Penilaian Tertulis – Kemampuan koneksi
a.  Bu Anis memiliki sejumlah usaha industri rumah tangga, yaitu produksi makanan ringan.  Pemasaran semua produksinya itu dipercayakan kepada ketiga anaknya, yaitu Irma, Cindy, dan Erna. Irna bertugas memasarkan kue lapis, donat, dan kue molen. Cindy bertugas memasarkan kue molen dan dadar gulung.  Erna bertugas memasarkan donat dan kue putu.
1)            Jika karyawan Bu Anis yang bertugas memproduksi donat selesai membuat donat, kepada siapa ia harus memberikan kuenya itu untuk dipasarkan?
2)            Apakah Cindy dan Erna  memasarkan kue yang sama?
b.  Dalam suatu kompetisi sepak bola, setiap kesebelasan yang menang (m) diberi skor 3, seri (s) diberi skor 1, dan kalah (k) skornya 0.  Bila suatu kesebelasan telah melakukan 18 kali pertandingan dan mengumpulkan skor 29,
1)            mungkinkah data skor kesebelasan tersebut adalah m=9, s=5, k=15? Mengapa?
2)            tentukan kemungkinan yang benar bahwa kesebelasan tersebut menang(m), seri(s), dan kalah(k)!

No comments:

Post a Comment

Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........

alexa rank

langganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tentang Saya

My photo

Saya orang yang cukup terbuka

Google+ Followers