sponsored

Monday, April 30, 2012

Contoh Ringkasan Skripsi

Pengajaran Tata Nama Senyawa Dengan Pendekatan Problem Posing
Pada Siswa Kelas X SMA Wisuda Pontianak.
* Oleh Lukman Hadi S.Pd 

Adapun masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh pengajaran tata nama senyawa dengan pendekatan problem posing pada kelas X SMA Wisuda Pontianak ?
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh pengajaran tata nama senyawa dengan pendekatan problem posing pada kelas X SMA Wisuda Pontianak dengan cara membandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan problem posing dengan yang diajarkan dengan pendekatan konvensioanal.
Eksperimen semu merupakan bentuk penelitian yang digunakan, dengan rancangan penelitian Pre-Test Post-Test Control Group Desain sebagai berikut :
Kelas
Pre-Test
Perlakuan
Pos-Test
E
O1
X1
O2
K
O3
X2
O4
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Wisuda Pontianak yang terdiri dari kelas XA dan XB, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan populasi yaitu siswa kelas XA dan XB.
Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa (tes kognitif) berbentuk esai yang terdiri dari 8 soal.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata perubahan skor kelas kontrol adalah 20,86 dengan 37,5% siswa mencapai ketuntasan belajar dan rata-rata perubahan skor kelas eksperimen adalah 42,17 dengan 93,33% siswa mencapai ketuntasan belajar. Ini berarti dilihat dari rata-rata perubahan skor hasil belajar dan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar maka siswa kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar siswa kelas kontrol.
Untuk mengetahui signifikan perbedaan hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen digunakan uji normalitas terlebih dahulu. Karena data yang diperoleh tidak normal maka digunakan uji U Mann-Whitney dengan tingkat kepercayaan 5% diperoleh nilai Zh=-0.77   yang berada dalam wilayah penolakan H0 dan HA diterima dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan problem posing dengan yang diajarkan secara konvensional. Untuk menghitung seberapa besar pengaruhnya maka dihitung efek sizenya. Diperoleh efek size 0,99 yang dikategorikan tinggi.    

No comments:

Post a Comment

Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........

alexa rank

langganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tentang Saya

My photo

Saya orang yang cukup terbuka

Google+ Followers