Penilaian
kinerja merupakan bentuk pengamatan dan penilaian secara langsung dan
sistematis dari kinerja para siswa dengan mengacu pada kriteria kinerja yang
telah ditetapkan. Hal ini berarti Penilaian kinerja merupakan bentuk
penilaian hasil belajar yang berorientasi pada proses. Penilaian
kinerja bertujuan agar guru dapat melihat bagaimana siswa merencanakan
pemecahan masalah, melihat dan mengamati bagaimana siswa menunjukkan
pengetahuan dan keterampilannya. Dalam Penilaian kinerja pada
umumnya dilengkapi dengan rubrik, kartu evaluasi, dan kartu
standar sebagai kriteria Penilaiannya.
Keuntungan menerapkan
Penilaian kinerja secara formal antara lain:
a.
menunjukkan bagaimana siswa menggunakan pengetahuan
untuk melakukan kegiatan dan menghasilkan sesuatu
b.
instrumen Penilaian dapat digunakan berkali-kali
c.
instrumen Penilaian dapat digunakan untuk tujuan
diagnostik
d.
dengan instrumen yang sama, guru dapat
membuat grafik perkembangan siswa dari waktu ke waktu
e.
memungkinkan siswa berkompetisi dengan dirinya
sendiri
f.
bukan akhir, tapi bagian dari proses pembelajaran
g.
membuat pelajaran di sekolah menjadi relevan dengan
dunia nyata.
Rubrik melengkapi
Penilaian kinerja sebagai perangkat kriteria penskoran yang digunakan untuk
mengevaluasi kerja siswa dan mengakses kerja siswa. Di dalam rubrik
terdapat skala kategori. Skala kategori yang digunakan bisa
bervariasi. Misalnya, ada yang menggunakan kategori 3 (hebat/superior), 2
(memuaskan), 1 (cukup memuaskan), dan 0 ( tidak memuaskan). Berikut
adalah contoh Rubrik penskoran untuk Penilaian kinerja.
Level
|
Kriteria
Khusus
|
4
Superior
|
-
Menunjukkan pemahaman yang
lebih terhadap suatu konsep
-
Menggunakan strategi yang
sesuai
-
Perhitungannya benar
-
Penjelasannya tertulis sangat
jelas
-
Diagram/tabel/gambar tepat
-
Melebihi semua permasalahan
yang diinginkan
|
3
Memuaskan
|
-
Menunjukkan pemahaman yang
lebih terhadap suatu konsep
-
Menggunakan strategi yang
sesuai
-
Perhitungannya pada umumnya
benar
-
Penjelasannya tertulis jelas
-
Diagram/tabel/gambar pada
umumnya benar
-
Memenuhi semua
permasalahan yang diinginkan
|
2
Cukup
Memuaskan
|
-
Menunjukkan pemahaman terhadap
sebagian konsep
-
Pada umumnya strategi yang
digunakan sesuai
-
Perhitungannya pada umumnya
benar
-
Penjelasannya tertulis cukup
jelas
-
Diagram/tabel/gambar pada
umumnya benar
-
Memenuhi sebagian permasalahan
yang diinginkan
|
1
Tidak
Memuaskan
|
-
Menunjukkan sedikit atau tidak
ada pemahaman terhadap suatu konsep
-
Tidak menggunakan strategi
yang sesuai
-
Perhitungannya
tidak benar
-
Penjelasan tertulisnya
tidak jelas
-
Diagram/tabel/gambar tidak
benar atau tidak cocok
-
Tidak memenuhi permintaan
permasalahan yang diinginkan
|
Tabel 3. Rubrik penskoran
untuk Penilaian kinerja
No comments:
Post a Comment
Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........