Beberapa langkah yang dapat di ikuti oleh guru dalam merancang Pembelajaran terpadu yaitu sebagai berikut.
Tahap1 :Penjajakan
Pada
langkah ini dilakukan kegiatan-kegiatan sebagai berikut.
a.
Menetapkan tingkatan kelas
b.
Menetapkan aspek perkembangan (sesuai tingkatan kelas
yang dipilih)
c.
Menetapkank ompetensi dasar dan indikator yang
potensial dan ada keterkaitan konsep
d. Memasukkan kompetensi dasar ke
dalam:
1) Tema;
2) indikator dan tujuan pembelajaran;
3) cakupan konsep kunci;
4) cakupan aspek hasil belajar
(pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai);
5)
taksiran waktu.
Tahap2 :Penstrukturan
Tahap penstrukturan dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.
a. Menyusun kerangka struktur
penyatu kaitan konsep kunci
dan cakupan aspek hasil belajar yang dapat dimodelkan seperti jala-jala.
b. Mengidentifikasi:
1) konsep-konsep kunci/aspek perkembangan anak;
2) aspek pengetahuan, keterampilan,
sikap, dan nilai;
3) bentuk kegiatan belajar peserta didik;
4) sumber dan media pembelajaran;
5)
lokasi
pembelajaran
(ruang dan suasana);
6)
produk
yang diharapkan sebagai hasil belajar (fisik, perilaku, atau bentuk lainnya).
c. Menelaah kerangka struktur dan hasil
identifikasi untuk mendapatkan:
1) konteks dan judulkonteks (tema,
isu, masalah);
2)
cakupan
tujuan, kegiatan, materi, dan proses secara utuh dalam kurun waktu yang telah
ditaksir.
Tahap 3 : Perancangan model Pembelajaran terpadu
Pada tahap ketiga ini dilakukan
kegiatan sebagai berikut.
a.
Perancangan skenario.
b.
Pengemasan skenario dalam suatu model yang dipilih yang
memuat c.1) dan c.2).
Tahap 4: Uji coba
model/penggunaanmodeldalampembelajaran
Dalam tahap ini dilakukan pengujian
model dan perbaikan
Model lain dalam mengembangkan
Pembelajaran terpadu dapat dilihat dalam bagan 1 halaman berikut
ini.
Bagan 1 Alur Penyusunan Perencanaan
Pembelajaran terpadu
(sumberPuskur)
No comments:
Post a Comment
Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........