Beberapa alasan pembelajaran
terpadu cocok digunakan di tingkat SD kelas rendah sebagai
berikut.
1. Pendidikan di SD harus
memperhatikan perkembangan intelektual anak. Sesuai dengan taraf
perkembangannya, anak SD melihat dunia sekitarnya secara menyeluruh, mereka
belum dapat memisah-misahkan bahan kajian yang satu dengan yang lain.
2. Di samping memperhatikan
perkembangan intelektual anak, guru juga harus mengurangi dampak dari fenomena
ini di antaranya anak tidak mampu melihat dan memecahkan masalah dari berbagai
sisi, karena ia terbiasa berfikir secara fragmentasi, anak dikhawatirkan tidak memiliki cakrawala pandang yang luas dan
integratif. Cakrawala pandang yang luas diperlukan dalam memecahkan
permasalahan yang akan mereka hadapi nanti di masyarakat. Jadi merupakan bekal
hidup yang sehat dalam memandang manusia secara utuh.
Sedangkan
alasan-alasan pembelajaran terpadu dapat digunakan
di tingkat SMP atau SMA , khususnya dalam pelajaran IPA, di antaranya adalah
sebagai berikut.
1. Permasalahan-permasalahan
yang ada atau yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari sangat
kompleks, untuk memecahkannya tidak bisa hanya diselesaikan dengan merujuk pada
satu keilmuan, tetapi multi disiplin ilmu.
2. Konsep-konsep dalam mata pelajaran
IPA banyak yang saling terkait satu sama lain.
3. Pembelajaran terpadu menjadi sarana untuk
melatih peserta didik melihat masalah dan memecahkannya dari berbagai sudut
pandang keilmuan, melalui bagaimana cara untuk membangun pengetahuan melalui
cara kerja ilmiah, bekerja sama dalam kelompok, belajar berinteraksi dan
berkomunikasi, serta bersikap ilmiah.
4. Pembelajaran terpadu dapat meningkatkan
efisiensi dan efktivitas pembelajaran jika dirancang dengan
efektif.
Dengan
KTSP, pembelajaran terpadu memberikan peluang bagi guru dan peserta
didik untuk mengembangkan pembelajaran yang utuh, menyeluruh, dan bermakna sesuai dengan harapan,
kemampuan, dan kebutuhan peserta didik.
No comments:
Post a Comment
Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........