Hilda Karli dan
Margaretha (2002:15) mengemukakan beberapa ciri pembelajaran terpadu,
yaitu sebagai berikut.
a. Holistik, suatu peristiwa yang
menjadi pusat perhatian dalam pembelajaran terpadu dikaji dari beberapa
bidang stud isekaligus untuk memahami suatu fenomena dari segala sisi.
b. Bermakna, keterkaitan antara
konsep-konsep lain akan menambah kebermaknaan konsep yang dipelajari dan
diharapkan anak mampu menerapkan perolehan belajarnya untuk memecahkan masalah-masalah
nyata di dalam kehidupannya.
c. Aktif, pembelajara nterpadu dikembangkan
melalui pendekatan diskoveri-inkuiri. Peserta didik terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran yang secara tidak langsung dapat memotivasi anak untuk belajar.
Sejalan dengan itu, Tim Pengembang PGSD (1977:7) mengemukakan bahw apembelajaran terpadu memiliki ciri-ciri berikut ini.
1) Berpusat pada anak
2) Memberikanpengalamanlangsung
pada anak
3) Pemisahanantarbidangstuditidakbegitujelas
4) Menyajikan konsep dari berbagai bidang studi dalam suatuproses pembelajaran
5) Bersikap luwes
6) Hasil pembelajaran dapat berkembang sesuai dengan minat dan kebutuhan anak
Karakteristik di
atas sesuai dengan filosofi konstrukstivisme sebagai rujukan pendidikan yang sekarang dianut, di mana dengan filosof iini kita harus berpegang pada prinsip bahwa anakbersifataktif dan memiliki kemampuan untuk membangun pengetahuannya
No comments:
Post a Comment
Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........