Karakteristik pembelajaran matematika memiliki
ciri-ciri khas, yang berbeda dengan pembelajaran lainnya. Menurut Suherman
(2003) karaktersitik pembelajaran matematika di sekolah yaitu sebagai berikut:
(1)
Pembelajaran
matematika langsung (bertahap)
Materi
pembelajaran diajarkan secara berjenjang atau bertarap yaitu dari hal konkrit
ke abstrak, hal yang sederhana ke kompleks atau konsep mudah ke konsep yang
lebih sukar.
(2)
Pembelajaran
matematika mengikuti metode spiral
Setiap
mempelajari konsep baru perlu memperhatikan konsep ataubahan yang telah
dipelajari sebelumnya. Bahan yang baru selaludikaitkan dengan bahan yang telah
dipelajari. Pengulangan konsep dalam bahan ajar dengan cara memperluas dan
memperdalam adalah perlu dalam pembelajaran matematika (spiral melebar dan
naik).
(3)
Pembelajaran
matematika menekankan pola pikir deduktif
Matematika
adalah deduktif, matematika tersusun secara deduktif,aksiomatik. Namun demikian
harus dapat dipilihkan pendekatan yang cocok dengan kondisi siswa. Dalam
pembelajaran belum sepenuhnya menggunakan pendekatan tetapi masih campur dengan
deduktif.
(4)
Pembelajaran
matematika menganti kebenaran konsistensi
Kebenaran-kebenaran
dalam matematika pada dasarnya merupakan kebenaran konsistensi, tidak
bertentangan antara kebenaran suatu konsep dengan yang lainnya. Suatu
pernyataan dianggap benar bila didasarkan atas pernyataan-pernyataan yang
terdahulu yang telah diterima kebenarannya.
No comments:
Post a Comment
Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........