Tujuh konsep utama
pembelajaran kontekstual, yaitu:
a.
Constructivisme
§ Belajar adalah proses aktif
mengonstruksi pengetahuan dari abstraksi pengalaman alami maupun manusiawi,
yang dilakukan secara pribadi dan sosial untuk mencari makna dengan memproses
informasi sehingga dirasakan masuk akal sesuai dengan kerangka berpikir yang
dimiliki
§ Belajar berarti menyediakan
kondisi agar memungkinkan peserta didik membangun sendiri pengetahuannya
§ Kegiatan belajar dikemas menjadi
proses mengonstruksi pengetahu-an, bukan menerima pengetahuan sehingga belajar
dimulai dari apa yang diketahui peserta didik. Peserta didik menemukan ide dan
pengetahuan (konsep, prinsip) baru, menerapkan ide-ide, kemudian peserta didik
mencari strategi belajar yang efektif agar mencapai kompetensi dan memberikan
kepuasan atas penemuannya itu.
b.
Inquiry
§ Siklus inkuiri: observasi dimulai dengan bertanya,
mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, danmenariksimpulan.
§ Langkah-langkah inkuiri
dengan merumuskan masalah, melakukan
observasi, analisis data, kemudian mengomunikasikan hasilnya
c.
Questioning
§ Berguna bagi guru untuk: mendorong, membimbing dan
menilai peserta didik; menggali informasi tentang pemahaman, perhatian, dan pengetahuan
peserta didik.
§ Berguna bagi peserta didik sebagai salah satu teknik
dan strategi belajar.
d.
Learning Community
§ Dilakukan melalui
pembelajaran kolaboratif
§ Belajar dilakukan dalam
kelompok-kelompok kecil sehingga kemampuan sosial dan komunikasi berkembang
e.
Modelling
§ Bergunasebagaicontoh yang baik yang dapat ditiru oleh
peserta didik seperti cara menggali informasi, demonstrasi, dan lain-lain.
§ Pemodelan dilakukan oleh guru (sebagai teladan),
peserta didik, dan tokoh lain.
f.
Reflection
§ Tentang cara berpikir apa
yang baru dipelajari
§ Respon terhadap kejadian,
aktivitas/pengetahuan yang baru
§ Hasil konstruksi pengetahuan yang baru
§ Bentuknyadapatberupakesan, catatanatauhasilkarya
g.
AutenticAssesment
§ Menilai sikap, pengetahuan, dan ketrampilan
§ Berlangsung selama proses secara terintegrasi
§ Dilakukan melalui berbagai cara (test dan
non-test)
§ Alternative bentuk: kinerja, observasi,
portofolio, dan/atau jurnal
No comments:
Post a Comment
Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........