PELAKSANAAN PENYUSUNAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN
PENDIDIKAN
A.
Analisis Konteks
1. Mengidentifikasi SI dan SKL sebagai acuan
dalam penyusunan KTSP.
2.
Menganalisis kondisi yang ada di satuan pendidikan nonformal (Paket A setara
SD, Paket B setara SMP, dan Paket C setara SMA) yang meliputi peserta didik dan
tenaga kependidikan, sarana prasarana, biaya dan program-program pendidikan
nonformal.
3.
Menganalisis peluang dan tantangan yang ada di masyarakat dan lingkungan
sekitar: dewan pendidikan, dinas pendidikan, asosiasi profesi, dunia industri
dan dunia kerja, sumber daya alam dan sosial budaya.
B. Mekanisme
Penyusunan
1. Tim Penyusun
Tim penyusun KTSP
pada Paket A setara SD, Paket B setara SMP, Paket C setara SMA yang terdiri
atas pendidik/tutor, konseler, pengelola, pengembang dan Dinas Pendidikan untuk
Paket A dan Paket B/ Dinas Pendidikan Provinsi untuk Paket C. Di dalam kegiatan
tim penyusun melibatkan nara sumber, serta pihak lain yang terkait. di
Supervisi dilakukan oleh Dinas Pendidikan tingkat Kabupaten/Kota untuk Paket A
setara SD/MI, dan paket B setara SMP/MTs dan tingkat Provinsi yang bertanggung
jawab di bidang pendidikan tingkat kabupaten/kota untuk SD dan SMP dan tingkat
provinsi untuk SMA/SMK/MA.
2. Kegiatan
Penyusunan KTSP
merupakan bagian dari kegiatan perencanaan kelompok belajar. Kegiatan ini dapat
berbentuk rapat kerja dan/atau lokakarya kejlompok belajar yang diselenggarakan
dalam jangka waktu sebelum tahun pelajaran baru. Tahap kegiatan penyusunan KTSP
secara garis besar meliputi: penyiapan dan penyusunan draf, review dan revisi,
serta finalisasi, pemantapan dan penilaian. Langkah yang lebih rinci dari
masing-masing kegiatan diatur dan diselenggarakan oleh tim penyusun.
No comments:
Post a Comment
Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........