RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah | : | SMP/MTs .................. | ||||||||||||||
Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) | ||||||||||||||
Kelas / Semester | : | VII / 1 | ||||||||||||||
Standar Kompetensi | : | Memahami penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Prospeknya di masa mendatang | ||||||||||||||
Kompetensi Dasar | : | 1.3. Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari. | ||||||||||||||
Alokasi Waktu | : | 1 X 40 menit. | ||||||||||||||
Tujuan Pembelajaran | ||||||||||||||||
Peserta didik mampu :
| ||||||||||||||||
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) | ||||||||||||||||
Materi Ajar :
| ||||||||||||||||
Metode Pembelajaran :
Pendekatan CTL dan life skill. | ||||||||||||||||
Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran.
apresiasi dan motivasi :
§ Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Mengamati tayangan tentang peran teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan. F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. § Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi F Mengamati peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari di berbagai bidang. F Melakukan studi pustaka tentang peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan. F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok; F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan; F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik. § Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik, F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber, F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan, F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar: Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar; Ø membantu menyelesaikan masalah; Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi; Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh; Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif. 3. Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru: F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan. F Menarik kesimpulan tentang peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari. | ||||||||||||||||
Sumber / Alat pembelajaran :
| ||||||||||||||||
Penilaian : Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
|
No comments:
Post a Comment
Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........