sponsored

Friday, March 30, 2012

Download RPP berkarakter TIK SMP bagian 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah            
:
SMP/MTs ..................
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas / Semester
:
VII / 1
Standar Kompetensi
:
Memahami penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Prospeknya di masa mendatang
Kompetensi Dasar
:
1.3. Menjelaskan peranan teknologi informasi dan
       komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari.
Alokasi Waktu
:
1 X 40 menit.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
  1. Mengamati peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari di berbagai bidang.
  2. Melakukan studi pustaka tentang peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan.
  3. Mengamati tayangan tentang peran teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan.
v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

Materi Ajar :
  1. Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.
Metode Pembelajaran :
  1. Diskusi
  2. Tanya Jawab
  3. Penemuan dari telaah pustaka
Pendekatan CTL dan life skill.
Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran.
  1. Kegiatan Pendahuluan :
apresiasi  dan motivasi  :
    1. Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang berkaitan dengan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari.
    2. Menyampaikan tujuan pembelajaran

  1. Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mengamati tayangan tentang peran teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan.
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F   Mengamati peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari di berbagai bidang.
F  Melakukan studi pustaka tentang peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan.
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
F  Menarik kesimpulan tentang peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber / Alat pembelajaran :
  1. Perangkat TIK
  2. Buku paket + literatur tambahan
  3. Multimedia
Penilaian :
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Menyebutkan  peran teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan

Ø  Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari
Tes tertulis



Tes tertulis
Uraian



Uraian


Sebutkan  peran teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan!

Jelaskanlah peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari!
        

Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ............



( .......................................... )
NIP/NIK : .........................

............, …………………….  20 …
Guru Mapel TIK.



(................................................)
NIP/NIK : .............................

No comments:

Post a Comment

Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........

alexa rank

langganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner