RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah | : | SMP/MTs .................. |
Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) |
Kelas/ Semester | : | VII (tujuh)/ 1 (satu) |
Standar Kompetensi | : | 1. Memahami penggunaan TIK dan prospeknya di masa datang |
Kompetensi Dasar | : | 1.2 Mendeskripsikan sejarah perkembangan TIK dari masa lalu sampai sekarang |
Alokasi Waktu | : | 2 x pertemuan ( 2 x 40 ) |
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
· Menjelaskan perkembangan perangkat TIK dalam bidang telekomunikasi
· Menjelaskan perkembangan perangkat TIK dalam bidang informasi
· Menjelaskan perkembangan perangkat Tik dalam bidang etika
· Mendeskripskan perkembangan perangkat TIK beserta fungsinya dan dampaknya
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
- Sejarah tentang perkembangan bidang telekomunikasi
- Sejarah tentang perkembangan komunikasi
- Sejarah tentang perkembangan informasi
- Perangkat-perangkat TIK dari tradisional sampai modern
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL
Model: Cooperative Learning
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi :
· Menerangkan tentang Sejarah perkembangan TIK
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan peserta didik tentang keuntungan dan kerugian dampak TIK
F Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dsb) tentang sejarah perkembangan TIK
F Menjelaskan fungsi beberapa perangkat TIK
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi :
· Menerangkan tentang Sejarah perkembangan TIK
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyampaikan sejarah perkembangan TIK dari tradisonal samapai moderen
F Menyampaikan sejarah perkembangan TIK secara elektronik dari generasi pertama sampai generasi terakhir
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mengerjakan lembar kerja
E. Sumber Belajar
Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.), buku teks, lembar kerja, VCD dsb.
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Ø Menjelaskan perkembangan perangkat teknologi infomasi dan komunikasi Ø Mendeskripsikan perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi beserta fungsinya | Tes tertulis Ter tertulis | Uraian/ pilihan ganda Uraian | Jelaskan berbagai penemuan yang terkait dengan perangkat teknologi informasi dan komunikasi! Deskripsikanlah fungsi peralatan teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan perkembangan penemuannya! |
Mengetahui, Kepala SMP/MTs ............ ( .......................................... ) NIP/NIK : ......................... | | ............, ……………………. 20 … Guru Mapel TIK. (................................................) NIP/NIK : ............................. |
No comments:
Post a Comment
Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........