RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
| Nama Sekolah | : | SMP/MTs .................. | ||||||||||||||
| Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi | ||||||||||||||
| Kelas / Semester | : | VII / 1 | ||||||||||||||
| Standar Kompetensi | : | Memahami penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Prospeknya di masa mendatang | ||||||||||||||
| Kompetensi Dasar | : | 1.4. Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. | ||||||||||||||
| Alokasi Waktu | : | 1 X 40 menit. | ||||||||||||||
| | | | ||||||||||||||
I | Tujuan Pembelajaran | ||||||||||||||||
| Peserta didik mampu : · Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi. · Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan produk dari teknologi informasi dan kkomunikasi. | ||||||||||||||||
| v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) | ||||||||||||||||
II | Materi Ajar : · Keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi. · Keuntungan penggunaan produk teknologi informasi dan komunikasi. | ||||||||||||||||
III | Metode Pembelajaran : · Diskusi dan ceramah · Tanya Jawab · Penemuan dari telaah pustaka · Pendekatan CTL dan life skill. | ||||||||||||||||
IV | Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran. 1. Kegiatan Pendahuluan : apresiasi dan motivasi : a. Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang berkaitan dengan keuntungan menggunakan perangkat dan produk teknologi informasi dan komunikasi. b. Menyampaikan tujuan pembelajaran 2. Kegiatan Inti: § Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Mengamati keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dan diberbagai bidang. F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. § Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi F Peserta didik membentuk kelompok diskusi F Melakukan studi pustaka tentang berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi. § Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik, F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber, F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan, F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar: Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar; Ø membantu menyelesaikan masalah; Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi; Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh; Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif. 3. Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru: F Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan. F Menarik kesimpulan tentang keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dan diberbagai bidang. | ||||||||||||||||
V | Sumber / Alat pembelajaran : · Perangkat TIK · Buku paket + literatur tambahan · Multimedia | ||||||||||||||||
VI | Penilaian : Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
|
No comments:
Post a Comment
Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........