Dari uraian tentang pengertian sumber belajar di
atas, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar merupakan bagian dari sumber belajar.
Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu
guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Bahan yang
dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis.
Bahan ajar atau teaching-material, terdiri atas dua kata yaitu teaching atau mengajar dan material
atau bahan.
Menurut University of
Wollongong NSW 2522, AUSTRALIA pada website-nya, WebPage
last updated: August 1998, Teaching
is defined as the process of creating and sustaining an effective environment
for learning.
Melaksanakan
pembelajaran diartikan sebagai proses menciptakan dan mempertahankan
suatu lingkungan belajar yang efektif.
Paul S. Ache lebih lanjut mengemukakan tentang material yaitu:
Books can be used as reference material, or they can be used as paper weights, but they cannot teach.
Buku dapat digunakan sebagai bahan rujukan, atau dapat digunakan sebagai bahan tertulis yang berbobot.
Dalam website
Dikmenjur dikemukakan pengertian bahwa, bahan ajar merupakan seperangkat materi/substansi
pembelajaran (teaching material) yang disusun secara sistematis, menampilkan sosok
utuh dari kompetensi yang akan dikuasai siswa dalam kegiatan pembelajaran.
Dengan bahan ajar memungkinkan siswa dapat mempelajari suatu kompetensi atau KD
secara runtut dan sistematis sehingga secara akumulatif mampu menguasai semua kompetensi
secara utuh dan terpadu.
Lebihl anjut disebutkan bahwa bahan ajar berfungsi
sebagai:
a.
Pedoman bagi
Guru yang akan mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran,
sekaligus merupakan substansi kompetensi yang seharusnya diajarkan kepada siswa.
b.
Pedoman bagi
Siswa yang akan mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran,
sekaligus merupakan substansi kompetensi yang seharusnya dipelajari/dikuasainya.
c.
Alat evaluasi pencapaian/penguasaan hasil pembelajaran.
Pendapat lain mengatakan sebagai berikut;
Definition of teaching material
They are the information, equipment and text for instructors
that are required for planning and
review upon training
implementation. Text and training
equipment are included in the teaching material.(Anonimdalam Web-site)
Bahan ajar merupakan informasi, alat dan teks yang
diperlukan guru/instructor untuk perencanaan dan penelaahan implementasi pembelajaran.
Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang
digunakan untuk membantu guru/instructor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar
di kelas.Bahan yang dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis.(National Center for Vocational Education
Research Ltd/National Center for Competency Based Training).
Pengelompokan bahan ajar menurut Faculté de Psychologie et des
Sciences de l’Education Université de Genève dalam website
adalah sebagai berikut :
Integrated
media-written, audiovisual, electronic, and interactive-appears in all their
programs under the name of Medienverbund or Mediamix (FerenUniversitaet and Open University
respectively).
http://tecfa.unige.ch/tecfa/general/tecfapeople/peraya.html>http://
tecfa.unige.ch/tecfa/general/tecfa-people/ peraya.html, Faculté de Psychologie
et des Sciences de l’Education Université de Genève.
Media tulis, audio visual, elektronik, dan
interaktif terintegrasi yang kemudian disebut
sebagai medienverbund (bahasa jerman
yang berarti media terintegrasi) atau mediamix.
Sedangkan Bernd Weidenmann, 1994 dalam buku Lernen mit Bildmedien mengelompokkan menjadi
tiga besar, pertama auditiv yang
menyangkut radio (Rundfunk), kaset (Tonkassette), piringan hitam (Schallplatte). Kedua yaitu visual (visuell) yang menyangkut Flipchart,
gambar (Wandbild), film bisu (Stummfilm), video bisu (Stummvideo), program komputer (Computer-Lern programm), bahan tertulis dengan
dan tanpa gambar (Lerntext, mit undohneAbbildung). Ketiga yaitu audio visual (audio visuell)
yang menyangkut berbicara dengan gambar (Rede mit Bild), pertunjukan suara dan
gambar (Tonbildschau),dan film/video.
Dari berbagai pendapat di atas dapat disarikan bahwa
bahan ajar adalah merupakan seperangkat materi yang disusun secara sistematis sehingga
tercipta lingkungan/suasana yang memungkinkan siswa untukbelajar.
Sebuah bahan ajar paling tidak mencakup antara lain :
a.
Petunjuk belajar (Petunjuk siswa/guru)
b.
Kompetensi yang akan dicapai
c.
Content atau isi materi pembelajaran
d.
Informasi pendukung
e.
Latihan-latihan
f.
Petunjuk kerja, dapat berupa Lembar Kerja (LK)
g.
Evaluasi
h.
Respon atau balikan terhadap hasil evaluasi
No comments:
Post a Comment
Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........