Beberapa jenis Media yang masuk dalam kelompok ini adalah:
a. Film gerak
Film gerak merupakan sebuah Media
pembelajaran yang sangatmeanrik karena mampu mengungkapkan keindahan
dan fakta bergerak dengan efek suara, gambar dan gerak, film juga dapat diputar
berulang-ulang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, beberapa keunggulan film
sebagai Media pembelajaran
adalah:
i.
keterampilan membaca atau menguasai penguasaan bahasayang kurang
bisa diatasi dengan menggunakan film
ii.
sangat tepat untuk menerangkan suatu proses
iii. dapat
menyajikan teori ataupun praktek dari yang bersifatumum ke yang bersifat khusus
ataupun sebaliknya
iv. film
dapat mendatangkan seorang yang ahli danmemperdengarkan suaranya di depan kelas
v.
film dapat lebih realistis, hal-hal yang abstrak dapat
terlihatmenjadi lebih jelas
vi. film
juga apat merangsang motivasi kegiatan siswa
b. Film
gelang
Film gelang atau film loop adalah jenis Media yang terdiri atasfilm berukuran 8 mm dan 16 mm
yang ujung-ujungnya saling bersambungan sehingga film ini akan berulang terus
menerus jika tidak dimatikan. Kelebihan penggunaan Media ini sebagai Media pembelajaran adalah:
i.
ruangan tidak perlu digelapkan
ii.
dapat berputar terus berulang-ulang sehingga pengertianyang
kabur menjadi jelas
iii. mudah
diintegrasikan ke dalam pelajaran dan dipakaibersama dengan Media lain
iv. siswa
juga dapat menggunakannya sendiri karenasederhana
v.
film dapat dihentikan kapan saja untuk diselingi olehpenjelasan
atau diskusi
c. Program
TV
Televisi merupakan Media
menarik dan modern
karenamerupakan bagian dari kebutuhan hidupnya. Televisi dapat menjadi sebuah Media pembelajaran yang menarik dalam
menyampaikan pesan-pesan pembelajaran secara audio visual
dengan disertai unsur gerak.
d. Video
Pesan yang disajikan dalam Media
video dapat berupa faktamaupun
fiktif, dapat bersifat informatif, edukatif maupun instruksional. Beberapa
kelebihan penggunaan Media
video dalam pembelajaran adalah:
i.
dengan
alat perekam video sejumlah besar penonton dapatmemperoleh informasi dari para
ahli
ii.
demonstrasi
yang sulit dapat dipersiapkan dan direkamsebelumnya, sehingga pada waktu
mengajar seorang gurudapat memusatkan perhatian pada penyajiannya
iii.
menghemat
waktu karena rekaman dapat diputar ulang
iv.
dapat
mengamati lebih dekat dengan objek yang berbahayaataupun objek yang sedang
bergerak
v.
ruangan
tidak perlu digelapkan pada saat penyajian
No comments:
Post a Comment
Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........