sponsored

Saturday, April 15, 2017

Pemilihan model pembelajaran yang tepat

Sesuai dengan karakteristik pembelajaran Kurikulum 2013, maka sebuah model pembelajaran yang dikembangkan harus dapat mendorong dan memotivasi peserta didik dalam mengembangkan ide
dan kreatiftasnya, sehingga pembelajaran menjadi lebih interaktif, menyenangkan, dan inspiratif. Selain itu model yang digunakan juga harus dapat mendorong peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam diskusi maupun dalam kegaiatan lain, dan dapat meningkatkan sifat percaya diri.
a. Cara menentukan sebuah model pembelajaran yang akan dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran akan berbeda untuk setiap mata pelajaran. Hal tersebut disesuaikan dengan karakteristik materi pada masing-masing mata pelajaran. Secara umum. Hal-hal yang dapat dipertimbangkan dalam menentukan model pembelajaran yang akan digunakan hal-hal sebagai berikut.
b. Kesesuaian model pembelajaran dengan karakteristik mata pelajaran, sehingga ada kemungkinan mata pelajaran tertentu tidak menggunakan model yang diuraikan di atas, tetapi menggunakan model khusus untuk mata pelajaran tersebut. Sebagai contoh untuk mata pelajaran bahasa menggunakan pembelajaran berbasis teks.
c. Kesesuaian model pembelajaran dengan karakteristik KD-KI 2 yang dapat mengembangkan kompetensi sikap, dan kesesuaian materi pembelajaran dengan tuntutan KD-KI 3 dan/atau KD-KI 4 untuk memgembangkan kompetensi pengetahuan dan/atau keterampilan.
d. Kesesuaian model pembelajaran dengan tujuan pembelajaran yang spesifk dalam mengembangkan potensi dan kompetensi, misalnya untuk mengembangkan interaksi sosial, atau mengolah informasi.
e. Penggunaan model pembelajaran disesuaikan dengan pendekatan saintifk.
Contoh:
Dengan memperhatikan karakteristik pemilihan model di atas, serta hasil analisis terhadap KI-KD, Pedoman Mapel, dan Silabus, maka untuk KD 3.10 dan 4.10 seperti diuraikan sebelumnya, serta memperhatikan indikator sikap dari KI 2 yaitu Jujur, disiplin, dan kerja sama, maka model yang tepat adalah pembelajaran Bermain Peran (Role Playing). Adapun Langkah-langkah model pembelajarannya sebagai berikut:
a. Pemanasan Contoh: Guru menyampaikan permasalahan yang berkaitan dengan komponen ekosistem.
b. Menentukan peran masing-masing anggota kelompok Contoh:
Peserta didik dan guru mendiskusikantentang berbagai karakter yang terdapat dalam komponen ekosistem. Untuk selanjutnya menentukan pemain peran dalam masing-masing karakter tersebut.
c. Menentukan langkah pemecahan masalah Contoh:
Peserta didik dalam kelompok menentukan langkah kegiatan yang akan dilaksanakan dalam bentuk scenario hubungan antar komponen dalam ekosistem.
Peserta didik membagi peran dan mempersiapkan peran yang akan dilaksanakan sesuai dengan scenario yang sudah dibuat.
d. Melaksanakan kegiatan bermain peran Contoh:
Setiap peserta didik dalam kelompok mendemonstrasikan peran dengan scenario, bukan hanya sekedar bermain drama tapi lebih memberikan pengalaman dan pemahaman kepada peserta didik bagaimana berperan dan bertanggungjawab terhadap karakter yang diperankannya.

Diskusi dan evaluasi hasil observasi.
Contoh:
Peserta didik melakukan diskusi dan evaluasi terhadap peran dan tanggung jawab terkait karakter yang diperankannya sehingga mampu menganalisis keterkaitan antara berbagai komponen dalam ekosistem
b. Sharing pendapat antar peserta didik, peserta didik dengan guru yang mendiskusikan hasil dari langkah sebelumnya. Contoh:
Peserta didik melakukan diskusi untuk mendapatkan informasi tambahan dari berbagai sumber tentang interaksi antar komponen yang terjadi dalam ekosistem. Selanjutnya peserta didik sharring pendapat untuk memahami lebih jauh tentang ekosistem
c. Diskusi dan evaluasi akhir. Contoh:
Guru membimbing peserta didik untuk menemukan berbagai alternatif solusi pemecahan masalah dari permasalahan ekosistem yang serupa, sehingga peserta didik memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dapat diterapkan dalam kehidupannya.

No comments:

Post a Comment

Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........

alexa rank

langganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tentang Saya

My photo

Saya orang yang cukup terbuka

Google+ Followers