sponsored

Saturday, April 15, 2017

Langkah-langkah model Project Based Learning


Langkah-langkah model Project Based Learning adalah sebagai berikut:
1. Menyiapkan pertanyaan atau penugasan proyek. Contoh:
Guru menyiapkan penugasan proyek berkaitan dengan materi dampak perubahan lingkungan untuk pameran produk Daur Ulang Limbah dalam bentuk produk buatan peserta didik
2. Mendesain perencanaan proyek Contoh:
• Pada pertemuan awal penyampaian materi KD 3.11 dan 4.11 tentang Dampak Perubahan Lingkungan, guru bersama peserta didik melakukan perancangan sebuah proyek untuk membuat dan memamerkan produk daur ulang limbah berupa hasil karya peserta didik.
• Guru Biologi bersama guru mata pelajaran lain (Kimia, Ekonomi, serta Prakarya dan Kewirausahaan) yang memiliki KD relevan untuk merencanakan pameran tersebut pada akhir semester atau akhir tahun pelajaran.
• Guru Biologi bersama guru mata pelajaran lain (Kimia, Ekonomi, serta Prakarya dan Kewirausahaan ) yang memiliki KD relevan merumuskan penilaian terhadap perencanaan, persiapan, pembuatan produk, dan pelaksanaan pameran.
3. Menyusun jadwal sebagai langkah nyata dari sebuah proyek Contoh:
Guru membantu peserta didik menyusun jadwal pembuatan produk daur ulang limbah.
Guru menetapkan jadwal kegiatan pameran bersama peserta didik
4. Memonitor kegiatan dan perkembangan proyek Contoh:
Guru Biologi bersama guru mata pelajaran lain (Kimia, ekonomi, PLH, serta prakarya dan kewirausahaan) memonitor persiapan, pembuatan produk.
5. Menguji hasil. Contoh:
Guru Biologi bersama guru mata pelajaran (Kimia, ekonomi, PLH, serta prakarya dan kewirausahaan) melakukan pengujian terhadap kinerja dan produk bahan pameran dimulai dari pembuatan sampai dengan pelaksanaan pameran.
6. Mengevaluasi kegiatan/pengalaman Contoh:
Semua guru yang terlibat pada kegiatan ini bersama peserta didik melakukan evaluasi terhadap hasil pameran sebagai pengalaman dan bahan kajian untuk melaksanakan pameran dimasa yang akan datang.

No comments:

Post a Comment

Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........

alexa rank

langganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner