sponsored

Friday, July 8, 2016

Mengapa Pembelajaran Terpadu Digunakan?


Beberapa alasan pembelajaran terpadu cocok digunakan di tingkat SD kelas rendah sebagai berikut.
1.      Pendidikan di SD harus memperhatikan perkembangan intelektual anak. Sesuai dengan taraf perkembangannya, anak SD melihat dunia sekitarnya secara menyeluruh, mereka belum dapat memisah-misahkan bahan kajian yang satu dengan yang lain.
2.      Di samping memperhatikan perkembangan intelektual anak, guru juga harus mengurangi dampak dari fenomena ini di antaranya anak tidak mampu melihat dan memecahkan masalah dari berbagai sisi, karena ia terbiasa berfikir secara fragmentasi, anak dikhawatirkan tidak memiliki cakrawala pandang yang luas dan integratif. Cakrawala pandang yang luas diperlukan dalam memecahkan permasalahan yang akan mereka hadapi nanti di masyarakat. Jadi merupakan bekal hidup yang sehat dalam memandang manusia secara utuh.

Sedangkan alasan-alasan pembelajaran terpadu dapat digunakan di tingkat SMP atau SMA , khususnya dalam pelajaran IPA, di antaranya adalah sebagai berikut.
1.      Permasalahan-permasalahan yang ada atau yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari  sangat kompleks, untuk memecahkannya tidak bisa hanya diselesaikan dengan merujuk pada satu keilmuan, tetapi multi disiplin ilmu.
2.      Konsep-konsep dalam mata pelajaran IPA banyak yang saling terkait satu sama lain.
3.      Pembelajaran terpadu menjadi sarana untuk melatih peserta didik melihat masalah dan memecahkannya dari berbagai sudut pandang keilmuan, melalui bagaimana cara untuk membangun pengetahuan melalui cara kerja ilmiah, bekerja sama dalam kelompok, belajar berinteraksi dan berkomunikasi, serta bersikap ilmiah.
4.      Pembelajaran terpadu dapat meningkatkan efisiensi dan efktivitas pembelajaran jika dirancang dengan efektif.

Dengan KTSP, pembelajaran terpadu memberikan peluang bagi guru dan peserta didik untuk mengembangkan pembelajaran yang utuh, menyeluruh, dan bermakna sesuai dengan harapan, kemampuan, dan kebutuhan peserta didik.

No comments:

Post a Comment

Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........

alexa rank

langganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner