sponsored

Saturday, July 9, 2016

Ciri-ciri Pembelajaran Terpadu


Hilda Karli dan Margaretha (2002:15) mengemukakan beberapa ciri pembelajaran terpadu, yaitu sebagai berikut.
a.       Holistik, suatu peristiwa yang menjadi pusat perhatian dalam pembelajaran terpadu dikaji dari beberapa bidang stud isekaligus untuk memahami suatu fenomena dari segala sisi.
b.      Bermakna, keterkaitan antara konsep-konsep lain akan menambah kebermaknaan konsep yang dipelajari dan diharapkan anak mampu menerapkan perolehan belajarnya untuk memecahkan masalah-masalah nyata di dalam kehidupannya.
c.       Aktif, pembelajara nterpadu dikembangkan melalui pendekatan diskoveri-inkuiri. Peserta didik terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran yang secara tidak langsung dapat memotivasi  anak untuk belajar.
Sejalan dengan itu, Tim Pengembang PGSD (1977:7) mengemukakan bahw apembelajaran terpadu memiliki ciri-ciri berikut ini.
1)      Berpusat pada anak
2)      Memberikanpengalamanlangsung pada anak
3)      Pemisahanantarbidangstuditidakbegitujelas
4)      Menyajikan konsep dari berbagai bidang studi dalam suatuproses pembelajaran
5)      Bersikap luwes
6)      Hasil pembelajaran dapat berkembang sesuai dengan minat dan kebutuhan anak
Karakteristik di atas sesuai dengan filosofi konstrukstivisme sebagai rujukan pendidikan yang sekarang dianut, di mana dengan filosof iini kita harus berpegang pada prinsip bahwa anakbersifataktif dan memiliki kemampuan untuk membangun pengetahuannya



No comments:

Post a Comment

Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........

alexa rank

langganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tentang Saya

My photo

Saya orang yang cukup terbuka

Google+ Followers