Bagaimana
Merancang Pembelajaran Terpadu?
Pembelajaran terpadu dapat dirancang
melalui beberapa alternatif sebagai berikut.
1. Berdasarkan konsep
Pembelajaran terpadu yang dirancang
berdasarkan konsep adalah upaya perancangan pembelajaran dalam wujud pengaitan
konsep-konsep intra dan antar bidang studi yang terjadi secara spontan, dengan
program kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan sepenuhnya mengikuti
kurikulum yang isinya masih terpisah-pisah berdasarkan bidang studi.
2. Berdasarkan minat
Pembelajaran terpadu yang dirancang
berdasarkan minat dikenal dengan Integrated Day. Integrated Day dipandang
sebagai suatu konsep organisasional aktivitas belajar anak yang dipecah-pecah
dalam berbagai kegiatan belajar yang sifatnya individual; yang dominan dalam
hari terpadu
ini adalah pilihan kegiatan belajar masing-masing anak yang terjadi secara
bersamaan. Suasana belajar sangat bebas. (Dresden dalam Conny R. Semiawan,
tt:1)
3. Berdasarkan masalah
Pembelajaran terpadu yang dirancang
berdasarkan masalah, menekankan pada kegiatan anak dalam melakukan eksplorasi
terhadap masalah yang dihadapi dengan cara merancang dan mengkonstruksi langkah
kerja pemecahan masalah.
Robin Fogarty (1991)
mengemukakan bahwa model-model pengintegrasian mata
pelajaran dapat dilakukan dalam suatu spektrum yang dimulai dari berbagai segi
sebagai berikut.
1.
Pengintegrasian di dalam satu
mata pelajaran, yang diwakili model fragmented, connected, dan integrated.
2.
Pengintegrasian antar mata
pelajaran yang diwakili oleh model sequenced, shared, webbed,
threated, dan integrated.
3.
Pengintegrasian yang terjadi
dalam diri anak yang menghubungkan pengetahuan yang telah dikuasai dan
pengetahuan awalnya dengan informasi baru serta pengalaman baru, yang diwakili
oleh model immersed
dan networked
oleh model immersed dan networked.
No comments:
Post a Comment
Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........