Ditinjau dari sisi guru, perlakuan (treatment) terhadap materi pembelajaran
berupa kegiatan guru menyampaikan atau membelajarkan kepada peserta didik (teaching activity). Sebaliknya, ditinjau
dari sisi peserta didik, perlakuan terhadap materi pembelajaran berupa
mempelajari atau berinteraksi dengan materi pembelajaran (learning activity).
Secara khusus dalam belajar, kegiatan peserta
didik dapat dikelompokkan menjadi menghafal, menggunakan, menemukan, dan
memilih.
Penjelasan dan contoh berikut adalah minimal. Guru
dipersilakan melakukan pengembangan disesuaikan dengan metode-metode lebih
mutakhir yang dimiliki:
1)
Menghafal
Ada dua jenis menghafal, yaitu menghafal verbal (remember verbatim) dan menghafal
parafrase (remember paraphrase).
Menghafal verbal adalah menghafal persis seperti apa adanya. Terdapat materi
pembelajaran yang memang harus dihafal persis seperti apa adanya, misalnya nama
orang, nama tempat, nama zat, lambang, peristiwa sejarah, nama-nama bagian atau
komponen suatu benda, dsb. Sebaliknya ada juga materi pembelajaran yang tidak
harus dihafal persis seperti apa adanya tetapi dapat diungkapkan dengan bahasa
atau kalimat sendiri (hafal parafrase).
Yang penting peserta didik paham atau mengerti, misalnya paham inti isi Pembukaan
UUD 1945, definisi saham, dalil Archimedes, dsb.
2) Menggunakan/Mengaplikasi
Materi pembelajaran setelah dihafal atau dipahami kemudian digunakan atau diaplikasikan. Jadi dalam proses pembelajaran peserta didik perlu memiliki kemampuan untuk menggunakan, menerapkan atau mengaplikasi materi
yang telah dipelajari.
Penggunaanfaktaatau data
adalahuntukdijadikanbuktidalamrangkapengambilanputusan.Contoh,
berdasarhasilpenggalianditemukanfaktaterdapatnyaemasperhiasan yang
sudahjadi, setengahjadi, perhiasan yang telahrusak, tungku, bahanemasbatangan
di bekaspeninggalansejarah di DesaWonoboyo, Klaten, Jawa Tengah. Dengan menggunakan fakta
tersebut, ahli sejarah menyimpulkan bahwa lokasi tersebut adalah bekas tempat
pengrajin emas.
Penggunaan materi konsep adalah untuk menyusun
proposisi, dalil, atau rumus. Seperti diketahui, dalil atau rumus merupakan
hubungan antara beberapa konsep. Misalnya,
dalam berdagang “Jika penjualan lebih besar daripada modal maka akan terjadi laba atau untung”.
Konsep-konsep dalam jual beli tersebut meliputi penjualan, biaya modal, laba,
untung, dan konsep “lebih besar”.
Selain itu, penguasaan atas suatu konsep digunakan
untuk menggenerali-sasi dan membedakan. Contoh, seorang anak yang telah
memahami konsep “jam adalah alat penunjuk
waktu”, akan dapat menggeneralisasi bahwa bagaimanapun berbeda-beda
bentuk dan ukurannya, dapat menyimpulkan bahwa benda tersebut adalah jam.
Penerapan atau penggunaan prinsip adalah untuk
memecahkan masalah pada kasus-kasus lain. Contoh, seorang peserta didik yang telah mampu menghitung luas persegi
panjang setelah mempelajari rumusnya,
dapat menentukan luas persegi panjang di mana pun dan berapa pun
besarnya panjang dan lebar persegi panjang yang harus dihitung luasnya.
Penggunaan materi prosedur adalah untuk dikerjakan atau dipraktikkan. Seorang peserta didik yang
telah menguasai cara dan berlatih
mengendarai sepeda motor, dapat mengendarai sepeda motor tersebut.
Penggunaan prosedur (psikomotorik) adalah untuk mengerjakan tugas atau melakukan suatu
perbuatan. Sebagai contoh, peserta didik dapat mengendarai sepeda motor setelah
menguasai langkah-langkah atau prosedur mengendarai sepeda motor.
Penggunaan materi sikap adalah berperilaku sesuai
nilai atau sikap yang telah dipelajari. Misalnya, peserta didik berhemat air
dalam mandi dan mencuci setelah mendapatkan pelajaran tentang pentingnya
bersikap hemat.
3) Menemukan
Penemuan di
siniadalahmenemukancaramemecahkanmasalah-masalahbarudenganmenggunakanfakta,
konsep, prinsip, danprosedur yang telahdipelajari. Menemukan,
merupakanhasilbelajartingkattinggi.Gagne (1987) menyebutnya sebagai penerapan strategi kognitif. Misalnya,
setelah mempelajari hukum bejana berhubungan seorang peserta didik dapat
membuat peralatan penyiram pot gantung menggunakan pipa-pipa paralon. Contoh
lain, setelah mempelajari sifat-sifat angin yang mampu memutar baling-baling
peserta didik dapat membuat prototipe,
model, atau maket sumur kincir angin untuk mendapatkan air tanah.
4) Memilih
Memilih di
sinimenyangkutaspekafektifatausikap.Yang dimaksudkandenganmemilih di
siniadalahmemilihuntukberbuatatautidakberbuatsesuatu.Misalnyamemilihmembaca
novel
daripadamembacatulisanilmiah.Memilihmentaatiperaturanlalulintastetapiterlambatmasuksekolahataumemilihmelanggartetapitidakterlambat,
dsb.
No comments:
Post a Comment
Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........