sponsored

Monday, July 8, 2013

Penilaian PIGP


Penilaian  PIGP

Penilaian kinerja guru pemula dilakukan pada akhir masa program induksi. Penilaian kinerja guru pemula dilakukan sebagaimana penilaian kinerja yang diterapkan terhadap guru lain (senior) pada setiap tahun, dengan menggunakan Lembar Observasi Pembelajaran. Hasil penilaian kinerja pada akhir program induksi ditentukan berdasarkan kesepakatan antara pembimbing, kepala sekolah/madrasah dan pengawas sekolah/madrasah dengan mengacu pada prinsip profesional, jujur, adil, terbuka, akuntabel, dan demokratis. Peserta PIGP dinyatakan berhasil, jika semua elemen kompetensi pada penilaian tahap ke dua paling kurang memiliki kriteria nilai dengan kategori Baik.
Penilaian guru pemula merupakan penilaian kinerja berdasarkan elemen kompetensi guru: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Keempat kompetensi tersebut dapat dinilai melalui observasi pembelajaran/bimbingan dan konseling serta observasi pelaksanaan tugas lain yang relevan.
Empat belas elemen kompetensi yang dinilai dalam penilaian kinerja guru pemula:
                a. Kompetensi pedagogik
                1) Memahami latar belakang siswa.
                2) Memahami teori belajar.
                3) Pengembangan kurikulum.
                4) Aktivitas pengembangan pendidikan.
                5) Peningkatan potensi siswa.
                6) Komunikasi dengan siswa.
                7) Assessmen & evaluasi.
                b. Kompetensi kepribadian
                1) Berperilaku sesuai dengan norma, kebiasaan dan hukum di Indonesia.
                2) Kepribadian matang dan stabil.
                3) Memiliki etika kerja dan komitmen serta kebanggan menjadi guru.
                c. Kompetensi sosial
                1) Berperilaku inklusf, objektif, dan tidak pilih kasih.
                2) Komunikasi dengan guru, pegawai sekolah,orang tua, dan masyarakat.
                d. Kompetensi profesional
                      1) Pengetahuan dan pemahaman tentang struktur, isi dan standard kompetensi mata pelajaran dan tahap-tahap pengajaran.
                2) Profesionalisme yang meningkat melalui refleksi diri.


No comments:

Post a Comment

Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........

alexa rank

langganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner