Permendiknas No. 22 tahun 2006 menyatakan bahwa
Standar Isi (SI) untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah mencakup lingkup
materi minimal dan tingkat kompetensi minimal untuk mencapai kompetensi lulusan
minimal pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Di dalam SI dijelaskan
bahwa kegiatan pembelajaran dalam KTSP meliputi tatap muka, penugasan
terstruktur, dan kegiatan mandiri tidak terstruktur.Tatap muka adalah pertemuan
formal antara pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran di kelas.Penugasan
terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstrukturadalah kegiatan pembelajaran
berupa pendalaman materi pembelajaran oleh peserta didik yang dirancang oleh
pendidik untuk mencapai standar kompetensi.Waktu penyelesaian penugasan
terstruktur ditentukan oleh pendidik, sedangkan waktu penyelesaian kegiatan
mandiri tidak terstruktur diatur sendiri oleh peserta didik.Sejalan dengan
ketentuan tersebut, penilaian dalam KTSP harus dirancang untuk dapat mengukur
dan memberikan informasi mengenai pencapaian kompetensi peserta didik yang
diperoleh melalui kegiatan tatap muka, penugasan terstruktur, dan kegiatan
mandiri tidak terstruktur.
Berbagai macam teknik penilaian dapat
dilakukan secara komplementer (saling melengkapi) sesuai dengan kompetensi yang
dinilai. Teknik penilaian yang dimaksud antara lain melalui tes, observasi,
penugasan, inventori, jurnal, penilaian diri, dan penilaian antarteman
yang sesuai dengan karakteristik
kompetensi dan tingkat perkembangan peserta didik.
1. Tes adalah pemberian sejumlah
pertanyaan yang jawabannya dapat benar atau salah. Tes dapat berupa tes
tertulis, tes lisan, dan tes praktik atau tes kinerja.Tes
tertulis adalah tes yang menuntut peserta tes memberi jawaban secara tertulis
berupa pilihan dan/atau isian.Tes yang jawabannya berupa pilihan meliputi
pilihan ganda, benar-salah, dan menjodohkan.Sedangkan tes yang jawabannya
berupa isian dapat berbentuk isian singkat dan/atau uraian.Tes lisan adalah tes
yang dilaksanakan melalui komunikasi langsung (tatap muka) antara peserta didik
dengan pendidik.Pertanyaan dan jawaban diberikan secara lisan.Tes praktik
(kinerja) adalah tes yang meminta peserta didik melakukan perbuatan/mendemonstasikan/
menampilkan keterampilan.
Dalam rancangan penilaian, tes dilakukan secara
berkesinambungan melalui berbagai macam ulangan dan ujian. Ulangan
meliputiulangan harian, ulangan tengah
semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas. Sedangkan ujian
terdiri atas ujian nasionaldan ujian sekolah.
Ulangan adalahproses yang dilakukan untuk mengukur
pencapaian kompetensi peserta didik secara berkelanjutan dalam proses
pembelajaran, untuk melakukan perbaikan pembelajaran, memantau kemajuan dan
menentukan keberhasilan belajar peserta didik.
Ulangan harian adalah kegiatan yang dilakukan
secara periodik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah
menyelesaikan satu kompetensi dasar (KD) atau lebih.
Ulangan tengah semester adalah kegiatan yang
dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik
setelah melaksanakan 8 – 9 minggu kegiatan pembelajaran.Cakupan ulangan tengah
semester meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan seluruh KD pada
periode tersebut.
Ulangan akhir semester adalah kegiatan yang
dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik
padaakhir semester.Cakupan ulangan akhir semester meliputi seluruh indikator
yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut.
Ulangan kenaikan kelas adalah kegiatan yang
dilakukan oleh pendidik pada akhir semester genap untuk mengukur pencapaian
kompetensi peserta didik pada akhir
semester genap pada satuan pendidikan yang menggunakan sistem paket. Cakupan
ulangan kenaikan kelas meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua
KD pada semester genap.
Ujian adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur
pencapaian kompetensi peserta didik sebagai pengakuan prestasi belajar dan/atau
penyelesaian dari suatu satuan pendidikan.
Ujian nasional adalah kegiatan pengukuran
pencapaian kompetensi peserta didik pada beberapa mata pelajaran tertentu dalam
kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka menilai
pencapaian Standar Nasional Pendidikan.
Ujian sekolah adalah kegiatan pengukuran
pencapaian kompetensi peserta didik yang dilakukan oleh satuan pendidikan untuk
memperoleh pengakuan atas prestasi belajar dan merupakan salah satu persyaratan
kelulusan dari satuan pendidikan.Mata pelajaran yang diujikan pada ujian
sekolah adalah mata pelajaran pada kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan
teknologi yang tidak diujikan pada ujian nasional, dan aspek kognitif dan/atau
psikomotorik untuk kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, serta
kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian.
2. Observasi adalah penilaian yang dilakukan
melalui pengamatan terhadap peserta didik selama pembelajaran berlangsung dan/atau
di luar kegiatan pembelajaran. Observasi dilakukan untuk mengumpulkan data
kualitatif dan kuantitatif sesuai dengan kompetensi yang dinilai, dan dapat
dilakukan baik secara formal maupun informal. Penilaian observasi dilakukan
antara lain sebagai penilaian akhir kelompok mata pelajaran agama dan akhlak
mulia, kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata
pelajaran estetika, serta kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan
kesehatan.
3. Penugasan adalah pemberian tugas kepada
peserta didik baik secara perorangan maupun kelompok. Penilaian penugasan
diberikan untuk penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur,
dan dapat berupa praktik di laboratorium,
tugas rumah, portofolio, projek, dan/atau produk.
4. Portofolio adalah kumpulan dokumen dan
karya-karya peserta didik dalam bidang tertentu yang diorganisasikan untuk
mengetahui minat, perkembangan prestasi, dan kreativitas peserta didik (Popham, 1999). Bentuk ini
cocok untuk mengetahui perkembangan unjuk kerja peserta didik dengan menilai
bersama karya-karya atau tugas-tugas
yang dikerjakannya.Peserta didik dan pendidik perlu melakukan diskusi
untuk menentukan skor. Pada penilaian portofolio, peserta didik dapat
menentukan karya-karya yang akan dinilai, melakukan penilaian sendiri kemudian
hasilnya dibahas. Perkembangan kemampuan peserta didik dapat dilihat pada hasil
penilaian portofolio.Teknik ini dapat dilakukan dengan baik apabila jumlah
peserta didik yang dinilai sedikit.
5. Projek adalah tugas yang diberikan kepada
peserta didik dalam kurun waktu tertentu.
Peserta didik dapat melakukan penelitian melaluipengumpulan,
pengorganisasian, dan analisis data, serta pelaporanhasil kerjanya. Penilaian
projek dilaksanakan terhadap persiapan, pelaksanaan,dan
hasil.
6. Produk (hasil karya) adalah penilaian yang
meminta peserta didikmenghasilkan suatu hasil karya. Penilaian produk dilakukan
terhadap persiapan, pelaksanaan/proses pembuatan, danhasil.
7. Inventori merupakan teknik
penilaian melalui skala psikologis yang dipakai untuk mengungkapkan sikap,
minat, dan persepsi peserta didik terhadap objek psikologis.
8. Jurnal merupakan catatan pendidik selama
proses pembelajaran yang berisi informasi hasil pengamatan terhadap kekuatan
dan kelemahan peserta didik yang berkait dengan kinerja ataupun sikap dan
perilaku peserta didik yang dipaparkan secara deskriptif.
9. Penilaian diri merupakan teknik penilaian
dengan cara meminta peserta didik untuk menilai dirinya sendiri mengenai
berbagai hal. Dalam penilaian diri, setiap peserta didik harus mengemukakan
kelebihan dan kekurangan dirinya secara jujur.
10. Penilaian antarteman merupakan teknik penilaian
dengan cara meminta peserta didik mengemukakan kelebihan dan kekurangan
temannya dalam berbagai hal secara jujur.
Kombinasi penggunaan
berbagai teknik penilaian di atas akan memberikan informasi yang lebih akurat
tentang kemajuan belajar peserta didik.
Karena pembelajaran pada KTSP meliputi kegiatan tatap muka, penugasan
terstruktur, dan kegiatan mandiri tidak terstruktur, maka penilaianpun harus
dilaksanakan seperti itu.Tabel berikut menyajikan contoh penilaian yang
dilakukan dalam pembelajaran melalui kegiatan tatap muka, penugasan
terstruktur, dan kegiatan mandiri tidak terstruktur.
No comments:
Post a Comment
Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........