sponsored

Thursday, February 14, 2013

Instrumen Penilaian Hasil Belajar


Instrumen Penilaian Hasil Belajar

Setiap teknik penilaian harus dibuatkan instrument penilaian yang sesuai.Tabel berikut menyajikan klasifikasi penilaian dan bentuk instrumen.

Tabel 5.KlasifikasiTeknikPenilaiandanBentukInstrumen

Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Testertulis

Tes pilihan: pilihan ganda, benar-salah, menjodohkan dll.
• Tes isian: isian singkat dan uraian

Teslisan

Daftarpertanyaan

Tespraktik (teskinerja)

Tesidentifikasi
Tessimulasi
Tesujipetikkinerja

Penugasan individual ataukelompok

Pekerjaanrumah
• Projek

Penilaianportofolio

Lembarpenilaianportofolio

Jurnal

Bukucacatanjurnal

Penilaiandiri

Kuesioner/lembarpenilaiandiri

Penilaianantarteman

Lembarpenilaianantarteman


Instrumentesberupaperangkattes yang berisisoal-soal, instrumenobservasiberupalembarpengamatan, instrumenpenugasanberupalembartugasprojekatauproduk, instrumenportofolioberupalembarpenilaianportofolio, instrumeninventoridapatberupaskala Thurston, skalaLikertatauskalaSemantik, instrumenpenilaiandiridapatberupakuesionerataulembarpenilaiandiri, daninstrumenpenilaianantartemanberupalembarpenilaianantarteman. Setiapinstrumenharusdilengkapidenganpedomanpenskoran.

Berikutinidisajikancontoh-contohinstrumenpenilaian.





1.    Contohinstrumenobservasi (lembarpengamatan)
Lari 100 meter

Nomor
Butir
AspekKeterampilan
Skor
5
4
3
2
1
Starting Position





01
Waktujongkoklutut kaki belakangada di depanujung kaki lainnya





02
Keduatangan di tanah, sikulurus, empatjariagakrapatmengarahkesampingluar.





03
Waktujongkokposisipunggungsegarisdengankepala





04
Pandangan kira-kira 1 meter di depan garis start





05
Waktu aba-aba siap, posisitungkaidepan ± 90° dantungkaibelakang 100°-120°






Keterangan
Skor 5 : sangat tepat, 4 : tepat, 3 : agak tepat, 2 : tidak tepat, dan skor 1 : sangat tidak tepat

Pengolahan
Skor yang dicapaipesertadidikdapatdiolahmenjadinilaisebagaiberikut.

N  =  (Skor pencapaian : Skor maksimal)x 100.

2. Contoh instrumen penilaian tugas: Projek
Dalam penilaian projek setidaknya ada 3 (tiga) hal yang perlu diperhatikan yaitu:
·   Kemampuan pengelolaan
Kemampuan peserta didik dalam memilih topik, mencari informasi dan mengelola waktu pengumpulan data serta penulisan laporan,
·   Relevansi
 Kesesuaian dengan mata pelajaran, dengan mempertimbangkan tahap perkembangan kognitif peserta didik,
·Keaslian
   Projek yang dilakukan peserta didik harus merupakan hasil karyanyadengan bimbinganpendidik dan dukungan berbagai pihak yang terkait.

 Contoh soal tugas projek biologi mengenai isu salingtemas (sain, lingkungan, teknologi, masyarakat) di sekitar tempat tinggal peserta didik.

 Soal
Carilah isu salingtemas (sain, lingkungan, teknologi, masyarakat) yang berkembang di sekitar tempat tinggalmu, rencanakan penelitian, lakukan penelitian, dan buatlah laporan hasil penelitian.Dalam membuat laporan perhatikan: kebenaran informasi/data, kelengkapan data, sistematika laporan, dan penggunaan bahasa!
Catatan :Isuberhubungandengan pro – kontra.

Pedoman penskoran

No
Aspek yang dinilai
Skor
1
Persiapan
Rumusan masalah (tepat = 3; kurang tepat = 2, tidak tepat = 1)

3
1 - 3

2
Pelaksanaan
a. Pengumpulan informasi (tepat = 3; kurang tepat = 2, tidak tepat = 1)
b. Keakuratan data/informasi (akurat = 3; kurang = 2; tidak akurat = 1)
c. Kelengkapan data (lengkap = 3; kurang = 2; tidak lengkap = 1)
d. Analisis data (baik = 3; cukup = 2; kurang = 1)
e. Kesimpulan (tepat = 2; kurang tepat = 1)

14
1 – 3
1 – 3
1 – 3
1 – 3
1 - 2

3
Pelaporan hasil
Sistematika laporan (baik = 2;  tidak baik = 1)
Penggunaan bahasa (komunikatif = 2; kurang komunikatif = 1)
Penulisan/ejaan (tepat = 3; kurang tepat = 2; tidak tepat/banyak kesalahan =1)
Tampilan (menarik = 2; kurang menarik = 1)

9
1 – 2
1 – 2
1 – 3

1 - 2

Skor maksimal
26


3. Contoh instrumen penilaian tugas: Produk
Penilaian produk terdiri atas 3 (tiga) tahap yaitu:
· Tahap persiapan, meliputi: penilaian kemampuan peserta didik dalam merencanakan, menggali, mengembangkan gagasan, dan mendesain produk.
· Tahap pelaksanaan (pembuatan produk), meliputi: penilaian kemampuan peserta didik dalam menyeleksi dan menggunakan bahan, alat, dan teknik pembuatan.
· Tahap penilaian hasil karya (appraisal), dilakukan terhadap karya (produk) yang dihasilkan peserta didik sesuai kriteria yang ditetapkan.

Skor untuk setiap tahap dapat diberi bobot, misalnya untuk persiapan 20%, pelaksanaan 40%, dan hasil 40%.

Contoh soal produk mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan: membuat poster ”anti narkoba”.

Pedoman penskoran

No
Aspek yang dinilai
Skor
Bobot
1
Tahap persiapan
a. Memilih jenis bahan (tepat = 2; tidak tepat = 1)
b. Kualitas bahan (baik = 3; cukup = 2; kurang = 1)
c. Kelengkapan alat (lengkap = 2; tidak lengkap = 1)
7
1 – 2
1 – 3
1 – 2

20 %
2
Tahap pelaksanaan
a. Menentukan penulisan kalimat yang menarik (menarik = 3; cukup = 2; kurang = 1)
b. Keterampilan menggunakan alat/bahan (terampil = 3; cukup = 2; kurang = 1)
c. Memperhatikan keselamatan kerja (ya = 2; tidak = 1)
8

1 – 3

1 – 3
1 – 2

40%
3
Tahap hasil
a. Selesai tepat waktu ( tepat = 2; tidak tepat = 1)
b. Kesesuaian dengan tugas (sesuai = 3; kurang = 2; tidak = 1)
c.  Kerapian (rapi = 3; kurang = 2; tidak = 1)
8
1 – 2
1 – 3
1 – 3

40%

            
4. Contoh instrumen inventori menggunakan skala beda (berdiferensi) Semantik

Petunjuk
Berilah tanda V pada kolom berikut sesuai dengan pilihanmu terhadap pembelajaran ekonomi. Kolom a, b, dan c cenderung mendekati pernyataan di sebelah kiri, sedangkan kolom e, f, dan g cenderung mendekati pernyataan di sebelah kanan.

Kiri
a
b
c
d
e
f
g
Kanan
Membosankan







Menarik
Bermanfaat







Tidak bermanfaat
Menyenangkan







Merepotkan
Menantang







Tidak menantang
Tidak memberatkan







Memberatkan
Membuang-buang waktu







Menguntungkan

No comments:

Post a Comment

Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........

alexa rank

langganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner