sponsored

Saturday, December 15, 2012

MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO


Model Pembelajaran Portofolio
A.   Perencanaan
Pertama, peserta didik membuat perencanaan dan kesepakatan saat registrasi tentang bentuk, syarat  dan tema portofolio yang harus dibuat untuk bisa memperoleh sertifikasi kompetensi.

B.   Pelaksanaan
Pertama, peserta didik mengidentifikasi kompetensi yang betul-betul dikuasai. Setelah itu mengumpulkan bukti sesuai dengan tema yang ditentukan misalnya tema portofolio ”Kerajian Tangan”. Dengan tema ini peserta didik bisa memberikan bukti untuk kompetensi beberapa mata pelajaran. Seperti kompetensi keterampilan dengan bukti hasil karya dan kompetensi bahasa dapat dibuktikan dengan koleksi artikel atau buku panduan yang sudah dibaca, maupun hasil tulisan yang memberikan deskripsi tahapan pembuatan kerajinan yang diciptakan oleh peserta didik sendiri. Hal itu dapat pula dilakukan untuk mata pelajaran lainnya.
Penilaian Portofolio
Peserta didik menyampaikan fortofolio yang telah selesai dilakukan untuk mendapatkan pengakuan atau pengesahan dari tutor.

No comments:

Post a Comment

Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........

alexa rank

langganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner