Model Pembelajaran Portofolio
A.
Perencanaan
Pertama, peserta didik membuat perencanaan dan
kesepakatan saat registrasi tentang bentuk, syarat dan tema portofolio yang harus dibuat untuk
bisa memperoleh sertifikasi kompetensi.
B.
Pelaksanaan
Pertama, peserta didik mengidentifikasi kompetensi yang
betul-betul dikuasai. Setelah itu mengumpulkan bukti sesuai dengan tema yang
ditentukan misalnya tema portofolio ”Kerajian Tangan”. Dengan tema ini peserta
didik bisa memberikan bukti untuk kompetensi beberapa mata pelajaran. Seperti
kompetensi keterampilan dengan bukti hasil karya dan kompetensi bahasa dapat
dibuktikan dengan koleksi artikel atau buku panduan yang sudah dibaca, maupun
hasil tulisan yang memberikan deskripsi tahapan pembuatan kerajinan yang
diciptakan oleh peserta didik sendiri. Hal itu dapat pula dilakukan untuk mata
pelajaran lainnya.
Penilaian Portofolio
Peserta didik menyampaikan fortofolio yang telah selesai
dilakukan untuk mendapatkan pengakuan atau pengesahan dari tutor.
No comments:
Post a Comment
Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........