Model Pembelajaran Tatap Muka
A. Kegiatan Pendahuluan
Tutor membuka pembelajaran
(menyampaikan tujuan dan apersepsi)
Tutor memotivasi peserta
didik agar dapat lebih siap dalam mengikuti
kegiatan pembelajaran.
B. Kegiatan Inti
Tutor mengarahkan peserta didik melakukan kegiatan
pembelajaran. Kegiatan ini dilaksanakan di bawah bimbingan dan arahan tutor,
peserta didik aktif belajar secara individu maupun kelompok. Peserta didik
diberi kesempatan berinteraksi dengan temannya, misalnya bertukar pendapat
dengan teman sebangkunya atau dengan teman-teman di dekatnya. Kegiatan utama
peserta didik adalah mengamati, memeriksa, menyelidiki, menganalisis, atau
memikirkan berdasarkan kemampuan masing-masing hal-hal yang bersifat khusus dan
mengkonstruk konsep atau sifat-sifat umum berdasar hal-hal khusus tersebut.
Peran tutor hanya sebagai sumber belajar, fasilitator dan motivator.
C. Kegiatan Penutup
Pada tahap
penutup ini tutor memberi kesimpulan dari pelajaran, memberi kuis (tes singkat)
secara individu, memberi tugas, dan menutup pembelajaran. Kesimpulan dapat
diberikan oleh peserta didik dengan penguatan oleh tutor. Sedangkan kuis (tes
singkat) berupa soal yang harus diselesaikan peserta didik dalam waktu yang
relatif singkat bisa berbentuk lisan atau tulisan. Tujuannya untuk mengukur seberapa jauh peserta didik
telah menguasai pengetahuan ditinjau dari aspek pemahaman konsep, penalaran dan
komunikasi, atau pemecahan masalah.
No comments:
Post a Comment
Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........