sponsored

Saturday, December 15, 2012

MODEL PEMBELAJARAN TATAP MUKA


Model Pembelajaran Tatap Muka
A.   Kegiatan Pendahuluan
                    Tutor membuka pembelajaran (menyampaikan tujuan dan apersepsi)
                    Tutor memotivasi peserta didik agar dapat lebih siap dalam mengikuti    
                     kegiatan pembelajaran.

B.   Kegiatan Inti
Tutor mengarahkan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran. Kegiatan ini dilaksanakan di bawah bimbingan dan arahan tutor, peserta didik aktif belajar secara individu maupun kelompok. Peserta didik diberi kesempatan berinteraksi dengan temannya, misalnya bertukar pendapat dengan teman sebangkunya atau dengan teman-teman di dekatnya. Kegiatan utama peserta didik adalah mengamati, memeriksa, menyelidiki, menganalisis, atau memikirkan berdasarkan kemampuan masing-masing hal-hal yang bersifat khusus dan mengkonstruk konsep atau sifat-sifat umum berdasar hal-hal khusus tersebut. Peran tutor hanya sebagai sumber belajar, fasilitator dan motivator.
C.   Kegiatan Penutup
Pada tahap penutup ini tutor memberi kesimpulan dari pelajaran, memberi kuis (tes singkat) secara individu, memberi tugas, dan menutup pembelajaran. Kesimpulan dapat diberikan oleh peserta didik dengan penguatan oleh tutor. Sedangkan kuis (tes singkat) berupa soal yang harus diselesaikan peserta didik dalam waktu yang relatif singkat bisa berbentuk lisan atau tulisan. Tujuannya untuk mengukur seberapa jauh peserta didik telah menguasai pengetahuan ditinjau dari aspek pemahaman konsep, penalaran dan komunikasi, atau pemecahan masalah.

No comments:

Post a Comment

Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........

alexa rank

langganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner