Komponen Silabus
Silabus memuat pokok-pokok pikiran yang memberikan rambu-rambu dalam menjawab tiga pertanyaan
mendasar dalam pembelajaran, yakni (1) kompetensi apa yang hendak dikuasai
peserta didik, (2) bagaimana memfasilitasi peserta didik untuk menguasai kompetensi
itu, dan (3) bagaimana mengetahui tingkat pencapaian kompetensi oleh peserta
didik.
Pertanyaan mengenai kompetensi yang
hendaknya dikuasai peserta didik dapat terjawab dengan menampilkan secara
sistematis, mulai dari SK, KD, dan indikator pencapaian kompetensi serta hasil
identifikasi materi pembelajaran yang digunakan. Pertanyaan mengenai bagaimana
memfasilitasi peserta didik agar mencapai kompetensi, dijabarkan dengan
mengungkapkan strategi, pendekatan dan metode yang akan dikembangkan dalam
kegiatan pembelajaran. Pertanyaan mengenai bagaimana mengetahui ketercapaian
kompetensi dapat dijawab dengan menjabarkan teknik dan instrumen
penilaian. Di samping itu, perlu pula
diidentifikasi ketersediaan sumber belajar sebagai pendukung pencapaian
kompetensi.
Komponen pokok dari Silabus yang lazim digunakan sebagai
berikut.
1. Identifikasi
2. Standar Kompetensi
3. Kompetensi Dasar
4. Materi Pokok
5. Kegiatan Belajar
6. Indikator
7. Penilaian
a.
Teknik
Penilaian:
§ Jenis Penilaian
§ Bentuk Penilaian
b.
Instrumen
Penilaian
8. Alokasi Waktu
9. Sumber/Bahan/Alat
No comments:
Post a Comment
Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........