Istilah dalam dunia pendidikan
Kompetensi dasar (KD): kompetensi minimal dalam mata pelajaran yang harus
dimiliki oleh lulusan; kemampuan minimum yang harus dapat
dilakukan atau ditampilkan oleh peserta didik untuk standar kompensi tertentu
dari suatu mata pelajaran.
Kompetensi lulusan: kemampuan yang dapat
dilakukan atau ditampilkan lulusan suatu jenjang pendidikan yang meliputi ranah
kognitif, afektif, dan psikomotor.
Konsistensi (ketaatazasan): keselarasan
hubungan antar komponen dalam silabus (kemampuan dasar, materi pembelajaran dan
pengalaman belajar).
Materi pokok/pembelajaran: bahan
ajar minimal yang harus dipelajari peserta didik untuk menguasai KD.
Pembelajaran
berbasis kompetensi: pembelajaran yang mensyaratkan dirumuskannya
secara jelas kompetensi yang harus dimiliki atau ditampilkan oleh peserta didik
setelah mengikuti kegiatan pembelajaran.
Pendekatan hierarkis: strategi pengembangan
materi pembelajaran berdasarkan atas penjenjangan materi pokok/pembelajaran.
Pendekatan prosedural: strategi pengembangan
materi pembelajaran berdasarkan atas urutan penyelesaian suatu tugas
pembelajaran.
Pendekatan spiral: strategi pengembangan materi pembelajaran
berdasarkan atas lingkup lingkungan, yaitu dari lingkup lingkungan yang paling
dekat dengan peserta didik menuju ke lingkup lingkungan yang lebih jauh.
Pendekatan tematik: strategi pengembangan
materi pembelajaran yang bertitik tolak dari sebuah tema.
Pendekatan terjala (webbed): strategi pengembangan pelajaran, dengan menggunakan topik dari beberapa
mata pelajaran yang relevan sebagai titik sentral, dan hubungan antara tema dan
sub-tema dapat digambarkan sebagai sebuah jala (webb).
Ranah afektif: aspek yang berkaitan dengan perasaan, emosi,
sikap, derajat penerimaan atau penolakan terhadap suatu obyek.
Ranah
kognitif: aspek yang berkaitan dengan kemampuan berpikir;
kemampuan memperoleh pengetahuan; kemampuan yang berkaitan dengan pemerolehan
pengetahuan, pengenalan, pemahaman, konseptualisasi, penentuan, dan penalaran.
Ranah psikomotor: aspek yang berkaitan dengan kemampuan melakukan
pekerjaan dengan melibatkan anggota badan; kemampuan yang berkaitan dengan
gerak fisik.
Relevansi: keterkaitan.
Silabus: susunan teratur materi pembelajaran mata pelajaran
tertentu pada kelas/semester tertentu.
Standar
Kompetensi (SK): kemampuan yang dapat dilakukan atau ditampilkan
untuk satu mata pelajaran; kompetensi dalam mata pelajari tertentu yang harus
dimiliki oleh peserta didik; kemampuan yang harus dimiliki oleh lulusan dalam
suatu mata pelajaran.
Makasih sob udah share, blog ini sangat membantu saya sekali .......................
ReplyDeletebisnistiket.co.id