sponsored

Thursday, May 31, 2012

istilah fuse elektronik

Beberapa Istilah
Beberapa istilah yang biasa digunakan pada fuse antara lain :
1. Rating arus (IN)
Adalah arus maksimum yang masih dapat dilewatkan oleh fuse tanpa menimbulkan interrupt.
2. Nilai I2t
Ini adalah ukuran dari energi yang diperlukan untuk melelehkan elemen fuse dan ini merupakan karakteristik yang penting dari sebuah fuse.


3. Drop tegangan
Nilai dari drop tegangan pada fuse biasanya diberikan oleh pabrik. Adanya disipasi daya ini menimbulkan panas pada fuse. Jika fuse bekerja pada tegangan rendah nilai ini harus dimasukkan dalam perhitungan.
4. Breaking Capacity
Adalah arus maksimum yang dapat menyebabkan fuse menjadi putus. Beberapa fuse didesain memiliki breaking capacity yang tinggi dan biasa di dalamnya diisi dengan pasir.
5. Rating tegangan
Rating tegangan fuse harus selalu lebih tinggi daripada atau sama dengan tegangan pada rangkaian. Fuse tegangan rendah umumnya dapat digunakan pada tegangan di atasnya.

Kemasan Fuse
Fuse dengan berbagai aplikasi memiliki kemasan yang sangat beragam, namun demikian kemasan fuse memiliki standar tertentu, sehingga masing-masing dapat saling tukar walaupun berbeda merk. Body fuse bisa terbuat dari keramik, kaca, plastik, fiberglass dan bahan lainnya tergantung dari aplikasi dan kelas tegangannya.

 
Fuse kaca memiliki keuntungan yaitu elemen fuse dapat terlihat dengan jelas tetapi memiliki breaking capacity rendah umumnya dibawah 15A. Beberapa ukuran fisik fuse kemasan kaca dapat dilihat pada tabel 2.1. Fuse keramik memiliki breaking capacity yang lebih tinggi. Pengisisan body fuse dengan pasir akan memberikan perlindungan lebih yaitu berkurangnya percikan api yang terjadi pada saat overcurrent.

Tabel 2.1. Ukuran fisik fuse elektronik
Ukuran
Diameter (inch)
Panjang (inch)
1AG
¼”(0,250”)
5/8”(0,625”)
2AG
0,177”
0,588”
3AG
0,250”
1,25”
4AG
9/32”(0,281”)
1,25”
5AG
13/32”(0,406”)
1,50”
7AG
¼”(0,250”)
7/8”(),875”)
8AG
¼”(0,250”)
1”


Untuk menempatkan fuse dalam rangkaian elektronika biasanya digunakan fuse-ho holder. Sedangkan dalam sistem elektrik yang lain fuse biasa diletakkan di dalam fuse-box.

No comments:

Post a Comment

Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........

alexa rank

langganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tentang Saya

My photo

Saya orang yang cukup terbuka

Google+ Followers