sponsored

Sunday, April 22, 2012

Sup sayur kaldu ati ayam


Sekarang kita coba menyiasati tempe dengan membuat sambal tempe, beda dengan orak-arik tempe loh.

Jika satu lempeng tempe yg harganya dari Rp. 1.000,- menjadi Rp. 1.500,- atau Rp. 2000,- jika kita jadikan tempe goreng hanya dapat 5 potong tempe goreng untuk sekali makan, tapi dengan kita buat sambal tempe bisa untuk 2 kali makan, cukup mengirit kan?

Juga untuk tahu, 10 buah tahu yg kecil jika kita jadikan tahu goreng saja hanya mendapat 10 potong tahu goreng untuk sekali makan. Jika kita buat perkedel tahu bisa menjadi 20 potong dan dapat untuk disajikan 2 waktu makan (makan siang dan makan malam).

Coba kita estimasi biaya masakan sederhana, misal hari ini rencana masak sambal tempe, semur ati ampela kentang dan sup sayur. Dengan asumsi belanja di tukang sayur yg lewat depan rumah saja ya?

Bahan-bahan yang dibeli:
Tempe 1 keping Rp.1.500,-
Ati Ampela 2 pasang Rp.2.500,-
Sup per bungkus Rp.1500,- beli 2 bungkus Rp.3.000,-
Bahan sambal (tomat Rp.500, Cabe Rp.1000, bawang merah & putih Rp.1.500)
Rebon asin Rp.1000,-
Bubuk kaldu ayam Rp.400,-
Total belanja Rp.11.400,-

Coba kita olah belanja hari ini ya :

Sup sayur kaldu ati ayam

Cara membuat :
Tumbuk kasar 2 siung bawang putih dan 1 siung bawang merah, dan iris tipis 1 ruas jari jahe. Tumis bumbu tersebut hingga harum, masukkan ati ampela, masak hingga berubah warna, beri garam. Tambahkan air secukupnya , masukkan wortel, rebus hingga mendidih. Masukkan buncis, masak hingga setengah matang. Masukkan daun kol dan daun bawang seledri, masak hingga matang. Ambil Ati dan ampela dari sayur sop, sisihkan .

Semur ati ampela dan kentang

Cara membuat:
Haluskan 1 siung bawang putih dan bawang merah, tumis hingga harum, tambahkan air secukupnya. Masukkan daun salam, 1 ruas jahe di geprek, kecap manis, garam dan sedikit air asam jawa. Masukkan potongan kentang (kentang kita ambil dari paket sup tadi), didihkan. Masukkan potongan ati ample ayam + bubuk kaldu ayam, masak hingga bumbu meresap. Selesai sudah semur ati ampela ayam.


No comments:

Post a Comment

Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........

alexa rank

langganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner