Pembelajaran yang disajikan sebaiknya dapat memotivasi peserta didik untuk berfkir kritis, logis, dan sistematis sesuai dengan karakteristik Biologi, serta memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills atau HOTS). Anderson mengkategorikan tingkat berpikir seperti dalam tabel berikut.
Deskripsi Kemampuan Kognitif
KATEGORI DESKRIPSI
Mengingat Menyajikan fakta dari ingatan (mengenai fakta penting
/recognizing; memanggil/recalling/retrieving)
Memahami Memaknai materi yang dipelajari dengan kata-kata
/kalimat sendiri (interpretasi/interpreting, memberi contoh/
illustrating, mengklasifkasi/ classifying/categorizing,
meringkas/summarizing/abstracting, menyimpulkan/
concluding/ektrapolating/interpolating, predicting,
membandingkan/comparing/contrasting/mapping/
matching, menjelaskan/constructing model e.g. cause-
effect)
Menerapkan Melaksanakan (executing), menggunakan prosedur
(implementing) untuk suatu situasi baru (melakukan,
menerapkan)
Menganalisis Mengelompokkan informasi/fenomena dalam bagian-
bagian penting (differentiating/discriminating/focusing/
selecting), menentukan keterkaitan antar komponen
(organizing/fnding coherence/integrating/ outlining/
structuring), menemukan pikiran pokok/bias/nilai penulis
(attributing/deconstructing) H O T S
Mengevaluasi Menentukan apakah kesimpulan sesuai dengan uraian/
fakta (checking/ coordinating/detecting/monitoring/
testing), menilai metode mana yang paling sesuai untuk menyelesaikan masalah Mencipta (Create) Mengembangkan
hipotesis rencanakan penelitian (planning/
designing), mengembangkan produk baru
(producing/ constructing)
Berdasarkan tingkat berpikir yang tercantum dalam Tabel di atas, ada kemampuan berpikir yang lebih tinggi (Higher Order Thinking Skills = HOTS) yang harus dikuasai oleh peserta didik yaitu kemampuan untuk menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Oleh sebab itu, maka dalam pembelajaran Anda dianjurkan untuk mendorong peserta didiknya memiliki kemampuan tersebut dengan menyajikan pembelajaran yang variatif serta pemberian materi yang “tidak biasa” yang dikembangkan dari KD-KI 3.
Contoh kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik memilki keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS).
Langkah kegiatan pembelajaran yang dapat memotivasi peserta didik untuk berfkir kritis, logis, dan sistematis sesuai dengan karakteristik mata pelajaran Biologi dalam menyelesaikan persoalan pada kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut
• Guru menyajikan gambar suatu ekosistem
• Peserta didik mengidentifkasi unsur-unsur penyusun ekosistem atau masalah yang terjadi dalam ekosistem
• Peserta didik mencari dan mengumpulkan data/informasi tentang interaksi komponen penyusun ekosistem dari sumber lain atau intenet.
• Peserta didik dalam kelompok menyelesaikan permasalahan keseimbangan ekosistem berdasarkan data yang dikumpulkan
• Peserta didik membandingkan hasil diskusi antar kelompok untuk
menganalisis berbagai permasalahan ekosistem dan kemungkingan interaksi yang bisa terjadi dalam ekosistem
• Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi pada kegiatan pembelajaran tentang permasalahan ekosistem
No comments:
Post a Comment
Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........