sponsored

Tuesday, April 18, 2017

contoh soal HOTS

Berikut adalah contoh-contoh soal HOTS yang sesuai dengan KD 3.10 dan 4.10 mata pelajaran Biologi di atas.
a. Permasalahan 1
Mata pencaharian utama penduduk di sebuah desa adalah bertani. Pada tahun 2015 terjadi gagal panen yang disebabkan oleh serangan hama belalang. Dari areal sawah sekitar 235 hektar, hanya menyisakan sekitar 25 hektar areal yang tidak terserang hama. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut, namun belum menampakkan hasil yang menggembirakan. Kondisi ini menyebabkan menurunnya produksi padi yang berimbas pada penghasilan penduduk desa tersebut. Di samping itu dampak serangan belalang berpengaruh terhadap perubahan ekosistem sawah. Berdasarkan hasil pengamatan dari permasalahan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut:
• Identifkasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap permasalahan tersebut di atas!
• Bagaimanakan pengaruh hama belalang terhadap keberlangsungan ekositem dan perekonomian penduduk desa tersebut?
• Upaya apa yang dapat dilakukan untuk mengurangi populasi belalang tetapi tidak mengganggu keseimbangan lingkungan? Jelaskan alasanmu!.
• Jika hama belalang berhasil dibasmi, maka keseimbangan ekosistem akan tetap berlangsung. Setujukah kalian dengan pernyataan ini? Jelaskan alasanmu!
Alternatif Penyelesaian:
• Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap permasalahan tersebut antara lain: ketersediaan makanan yang melimpah bagi belalang menyebabkan populasi belalang meningkat, keterbatasan jumlah predator pada ekosistem menyebabkan populasi belalang terus meningkat.
• Hama belalang menyebabkan penurunan populasi padi dan peningkatan populasi pemakan belalang (ayam, burung)
• Upaya penanggulangan hama belalaang dilakukan dengan cara menghadirkan predator alamiah yang dapat mengembalikan keseimbangan lingkungan tanpa merusak ekosistem.Tidak setuju. Alasannya bila penanggulangan dilakukan dengan pemakaian pestisida maka akan menimbulkan permasalahan baru seperti pencemaran lingkungan dan penurunan populasi serangga lain yang mungkin berguna bagi keerlangsungan rantai makanan di ekosistem tersebut. Setuju. Alasannya bila penanggulangan dilakukan dengan cara biologi maka rantai makanan di ekosistem akan tetap berlangsung dan tidak menimbulkan gangguan keseimbangan lingkungan

No comments:

Post a Comment

Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........

alexa rank

langganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tentang Saya

My photo

Saya orang yang cukup terbuka

Google+ Followers