RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN : SDN SEDC
TEMA :
Diri Sendiri
KELAS/SEMESTER :
I/I
ALOKASI WAKTU :
4 x 35 menit
TAHUN PELAJARAN : 2006/2007
Pertemuan
ke 1 (dari 7 x pertemuan)
I. StandarKompetensi
Bahasa Indonesia
|
PKN
|
·
Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa.
|
·
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
|
II. KompetensiDasar
Bahasa Indonesia
|
PKN
|
·
Melaksanakan sesuatu sesuai dengan
perintah atau petunjuk sederhana
·
Memperkenalkan diri sendiri dengan
menggunakan kalimat
|
·
Menjelaskan perbedaan jenis kelami
|
III. Indikator
Bahasa Indonesia
|
PPKN
|
· Melaksanakan perintah guru
·
Mengidentifikasi nama diri dengan
lengkap
|
·
Mengidentifikasi perilaku jenis
kelamin laki-laki dan perempuan
|
IV. Tujuan Pembelajaran
Bahasa Indonesia
|
PPKN
|
·
Mendengarkan suatu instruksi
·
Menyampaikan pesan berantai
·
Menyebutkan identitas diri dengan
lengkap
·
Memperkenalkan diri di depan kelas
dengan kalimat sederhana dan santun
|
·
Menyebutkan perbedaan anak laki-laki
dan perempuan
·
Menyebutkan ciri-ciri anak laki-laki
dan perempuan dari penampilannya
|
V. Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia
|
PPKN
|
· Cara
memperkenalkan diri
|
· Perbedaan Jenis
kelamin
|
VI. Strategi Pembelajaran
1. Metode :
Ceramah, tanya-jawab, demonstrasi, penugasan
2. Pendekatan : Tematuk, PAKEM, dan kontekstual
3. Model
: Langsung (Direct
Instruction)
Langkah-langkah kegiatan
pembelajaran
Tahapan/Sintaks pembelajaran
|
Kegiatan Guru-Siswa
|
Pendahuluan:
Orientasi
|
·
Guru
mengkondisikan siswa untuk siap belajar
·
Guru mengajak siswa
menyanyikan lagu : Dua Mata Saya.
·
Guru menginformasikan tujuan pelajaran, misalnya:
Anak-anak
hari ini kalian akan belajar dan berlatih bagaimana cara memperkenalkan diri.
·
Guru
menginformasikan kegiatan yang akan dilakukan, misalnya anak-anak
nanti kalian semua harus kedepan untuk memperkenalkan diri.
|
Kegiatan
inti:
Presentasi
|
·
Guru melakukan
Tanya jawab, misalnya:
Anak-anak
pernahkah kalian ditanya siapa nama dan alamat kalian?
Bagaimana
cara kalian memperkenalkan diri?
·
Guru
mendemonstrasikan cara memperkenalkan diri (menyebutkan nama lengkap,
alamat, nama orang tua, dsb)
·
Guru
meminta seorang siswa maju ke depan
dan memperkenalkan diri.
·
Guru
menanyakan kepada siswa: anak-anak sekarang apakah kalian bisa
memperkenalkan diri seperti yang tadi diperlihatkan temanmu?.
·
Guru
meminta siswa satu persatu maju ke depan untuk memperkenalkan diri.
|
Latihan
terstruktur
|
·
Guru meminta siswa
memperkenalkan diri
·
Siswa
memperkenalkan diri satu persatu
(Guru
melakukan penilaian individu siswa dalam aspek berbicara).
Setelah
selesai, guru mengajukan pertanyaan:
Anak-anak
siapa di kelas ini yang termasuk kelompok anak laki-laki?”
Setelah mengacung dilanjutkan ”Anak perempuan?
·
Siswa
mengacungkan tangan atau menyebutkan nama-nama temannya yang laki-laki dan
perempuan.
·
Guru
meminta dua orang siswa maju ke depan (anak laki-laki dan perempuan)
·
Guru
mengajukan pertanyaan: Apa yang membedakan penampilan anak laki-laki dan perempuan?
Coba perhatikan temanmu!
·
Siswa
menjawab pertanyaan
·
Siswa
menyebutkan ciri-ciri anak laki-laki dan perempuan berdasarkan
penampilannya.
|
Latihan
terbimbing
|
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa
untuk saling berkenalan dengan cara melakukan tanya-jawab tentang identitas
diri dengan tepat
·
Siswa
melakukan kegiatan bertanya jawab dan saling memperkenalkan
diri secara berpasangan
|
Latihan
mandiri
|
·
Guru memberikan tugas kepada siswa:
a. berlatih
memperkenalkan diri di rumah
b. melakukan
pengamatan terhadap kebiasaan anak laki-laki dan perempuan
|
Penutup:
|
·
Guru mengadakan Tanya jawab untuk memantapkan pengetahuan dan keterampilan siswa tentang
cara memperkenalkan diri.
|
VII. Penilaian
Bentuk penilaian:
Metode: lisan dan kinerja
Contoh instrumen:
Bahasa Indonesia:
1.
Perkenalkanlah dirimu di depan kelas!
2.
Lakukan Tanya jawab dengan teman
sebangku mu tentang identitas diri kalian!
PPKN
1. Apakah perbedaan anak laki-laki dan perempuan
dari penampilannya?
2. Sebutkan jenis permainan yang disukai anak
laki-laki dan perempuan!
Skor penilaian kinerja siswa: memperkenalkan diri
Aspek yang dinilai (memperkenalkan diri)
|
Skor
|
Siswa dapat:
|
|
a. Berbicara
dengan suara lantang dan keras
|
5
|
b. Berbicara
dengan kata-kata yang benar dan tepat
|
5
|
c. Berbicara
menyebutkan identitas diri (nama, alamat rumah, tempat bersekolah)
|
10
|
Siswa
|
|
a. Berbicara dengan suara pelan dan terbata-bata
|
2
|
b. Berbicara dengan kata-kata yang kurang tepat
|
3
|
c. Berbicara memperkenalkan diri tidak lengkap sesuai permintaan
|
5
|
Penilaian siswa ketika saling
bertanya jawab:
Aspek yang dinilai
(bercakap-cakap/mengakukan pertanyaan) |
Skor
|
Siswa dapat:
a. Mengajukan pertanyaan
sederhana kepada temannya untuk mengetahui nama dan alamat (identitas diri
teman)
|
5
|
b. Mau Menjawab pertanyaan
teman dengan memperkenalkan diri
|
5
|
c. Memperkenalkan diri
(menyebutkan identitas diri dengan lengkap)
|
10
|
Skor penilaian PPKN
Aspek yang dinilai
(membedakan, mengidentifikasi ciri-ciri anak laki-laki dan perempuan |
Skor
|
Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri anak
laki-laki dan perempuan dari penampilan fisiknya
|
10
|
Siswa dapat menyebutkan kebiasaan atau
jenis permainan yang sering dilakukan anak laki-laki dan perempuan
|
10
|
No comments:
Post a Comment
Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........