Kurikulum
berbasis kompetensi menekankan pada pencapaian kompetensi yang dirumuskan dalam
standar kompetensi lulusan, komptensi inti dan kompetensi dasar. Oleh karena
itu fokus pertama dan utama bagi guru dalam menyiapkan pembelajaran adalah
melakukan analisis pada ketiga kompetensi itu. Dari analisis itulah akan
diperoleh penjabaran materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian
yang diperlukan.
Standar
kompetensi lulusan adalah muara utama pencapaian yang dituju semua mata
pelajaran pada jenjang tertentu. Sedangkan kompetensi inti adalah pijakan
pertama pencapaian yang dituju semua mata pelajaran pada tingkat kompetensi
tertentu. Penjabaran kompetensi inti untuk tiap mata pelajaran tersaji dalam
rumusan kompetensi dasar.
Rumusan
standar kompetensi lulusan seperti yang tercantum pada Peraturan Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 tahun 2013 untuk tingkat SMA adalah sebagai
berikut.
Dimensi
|
Kualifikasi Kemampuan
|
Sikap
|
Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap
orang beriman, berakhlak mulia,
berilmu, percaya diri,
dan bertanggung jawab dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
|
Pengetahuan
|
Memiliki
pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif dalam
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan
budaya dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab serta dampak fenomena dan kejadian.
|
Keterampilan
|
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan
kreatif dalam ranah
abstrak dan konkret
sebagai pengembangan dari yang
dipelajari di sekolah
secara mandiri.
|
Kompetensi
inti tingkat SMA terdiri atas dua tingkatan, yaitu tingkat kompetensi ke lima
yang mencakup kelas X dan kelas XI, dan tingkat kompetensi ke enam untuk kelas
XII. Rumusan kompetensi yang relelevan bagi kelas X sesua Peraturan Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi adalah
sebagai berikut.
Kompetensi
|
Deskripsi Kompetensi
|
Sikap Spiritual
|
1.
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
Sikap
Sosial
|
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif
dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
Pengetahuan
|
3.
Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk
memecahkan masalah
|
Keterampilan
|
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan
metoda sesuai dengan kaidah keilmuan
|
No comments:
Post a Comment
Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........