Portofolio merupakan
sajian informasi atau data yang berupa kumpulan pekerjaan siswa sebagai bukti
usaha, perkembangan, dan kecakapan siswa dalam satu bidang atau lebih selama
periode tertentu yang disusun secara sistematik (Paulson dalam Masdjudi,
2002).
Portofolio
memuat dan mengembangkan lima dimensi yang mencerminkan profil seorang siswa,
yaitu (1) pemahaman fakta, (2) refleksi, (3) kemampuan berkomunikasi, (4)
keterampilan dan konsep, dan (5) kualitas kerja. Kelima dimensi itu
diperihatkan oleh hasil-hasil proyek siswa seperti karangan argumentasi tentang
sesuatu konsep, jurnal siswa, tulisan hasil presentasi siswa, gambar, hasta
karya, dan penyajian data. Memalui penilaian portofolio guru akan mengetahui perkembangan atau kemajuan belajar peserta didik. Misalnya, hasil karya mereka dalam menyusun atau membuat karangan,
puisi, surat, komposisi musik, gambar, foto, lukisan, resensi buku/ literatur,
laporan penelitian, sinopsis, dan lain-lain. Atas dasar penilaian itu, guru dan/atau peserta didik dapat melakukan perbaikan sesuai dengan tuntutan pembelajaran
Khusus dalam
matematika, fokus portofolio pada pemecahan masalah, berpikir dan pemahaman,
menulis, komunikasi, hubungan matematika dan pandangan siswa sendiri terhadap
dirinya sebagai pembelajar matematika. Dalam portofolio harus
menunjukkan rentangan tujuan pengajaran dan tugas-tugas yang berhubungan.
Penilaian portofolio dapat dilakukan siswa dan guru secara bekerja sama.
Caranya siswa mengumpulkan semua pekerjaannya selama rentang waktu
tertentu.
Keuntungan menerapkan
portofolio (Gronlund dalam Rusoni, 2001) di antaranya:
a. Kemajuan belajar siswa dapat
terlihat dengan jelas
b. Penekanan pada hasil pekerjaan
terbaik siswa memberikan pengaruh positif dalam belajar
c. Membandingkan pekerjaan sekarang
dengan yang lalu akan memotivasi laju belajar
d. Keterampilan menilai diri
sendiri akan mengembangkan kemampuan menyeleksi dan memilih yang terbaik
e. Sebagai sarana komunikasi dan
informasi yang autentik tentang kemajuan belajar siswa bagi guru, orang tua dan
siswa itu sendiri.
Prosedur
Porfolio
a.
Gunakan file
folder siswa untuk mengumpulkan semua pekerjaannya.
b.
Diskusikan
format portofolio yang baik pengorganisasiannya, kebersihannya, tulisan, atau
hapusan tinta, daftar isi, dan pernyataan diri tentang mengapa setiap pekerjaan
itu dimasukkan dalam portofolio.
c.
Sediakan
bermacam tugas sehingga portofolio dapat berupa kerja
kelompok, proyek, investigasi, dan jurnal.
d.
Beri
kesempatan siswa mereview portofolio mereka sendiri dan
membandingkan dengan pekerjaan teman lainnya.
e.
Diskusikan
bagaimana seharusnya menilai portofolio mereka.
Penilaian portofolio dilakukan dengan menggunakan langkah-langkah seperti berikut ini.
a.
Guru
menjelaskan secara ringkas esensi penilaian portofolio.
b.
Guru atau
guru bersama peserta didik menentukan jenis portofolio yang akan
dibuat.
c.
Peserta
didik, baik sendiri maupun kelompok, mandiri atau di bawah bimbingan guru
menyusun portofolio pembelajaran.
d.
Guru
menghimpun dan menyimpan portofolio peserta didik pada tempat yang sesuai,
disertai catatan tanggal pengumpulannya.
e.
Guru
menilai portofolio peserta didik dengan kriteria tertentu.
f.
Jika
memungkinkan, guru bersama peserta didik membahas bersama dokumen portofolio
yang dihasilkan.
g.
Guru
memberi umpan balik kepada peserta didik atas hasil penilaian portofolio.
Penilaian
Portofolio
Kriteria Penilaian
|
|||
Pemecahan Masalah
|
Bahasa
|
Penalaran logis
|
Lain-lain
|
o Pemahaman masalah
o Penggunaan bermacam strategi
o Kemampuan mentransformasikan perencanaan dengan
menggunakan model atau teknologi
o Analisis hasil, termsuk strategi estimasinya
o Merumuskan masalah
o Kreativitas menemukan pendekatan untuk memecahkan
masalah non rutin
o Pemecahan yang praktis dan menarik
|
o Menggunakan simbol dan terminology yang benar
o Menulis tepat, ringkas dalam menyampaikan ide.
o Pengorganisasian tulisan dalam pekerjaan dan
jurnal yang baik
o Penjelasan hasil
o Ringkasan dari topik kunci
o Merefleksikan pada ide matematika
o Meminta atau mengajukan pertanyaan
o Menyeleksi dan mengorganisasikan pekerjaan
siswa secara tepat dan menunjukkan perkembangannya
|
o Identifikasi pola
o Membuat konjektur
o Menulis pembuktian
o Menjelaskan mengapa dan bagaimana
o Meninjau ide-ide dan prosedur
o Mengkonstruksi, memperluas, dan menerapkan ide
o Merumuskan contoh penyangkal
|
o Menghubungkan matematika dengan dunia nyata
o Membuat hubungan dalam matematika
o Mengembangkan sikap positif
o Nilai-nilai matematka
o Menggunakan penillian sendiri dan koreksi
sendtiri terhadap pekerjaannya
o Bekerja dalam kelompok
o Menggunakan model-model atau representasi
matematika yang berbeda-beda
o Interpretasi ide
o Teknologi
o Konsep dan prosedur.
|
Tabel 4.
Kriteria Penilaian pada portofolio
Jenis Portofolio dapat
dibedakan menjadi:
a. Portofolio
kerja (working portfolios)
b. Portofolio
dokumen (document portfolios)
c. Portofolio
penampilan (show portfolios).
Portofolio kerja digunakan
untuk memantau kemajuan dan meng-ases siswa dalam mengelola belajar mereka
sendiri. Siswa mengumpulkan semua hasil kerja termasuk coret-coretan (sketches),
buram, catatan, kumpulan untuk stimulasi, buram setengah jadi atau pekerjaan
yang sudah selesai. Portofolio kerja bermanfaat untuk memberikan informasi
tentang bagaimana siswa mengorganisasikan dan mengelola kerja (belajar) serta
merefleksi pekerjaan dan hasilnya.
Portofolio dokumen menyediakan
informasi baik proses maupun produk yang dihasilkan siswa. Jenis
portofolio ini bermanfaat bagi siswa dan orang tuanya untuk mengetahui kemajuan
hasil belajar, untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam belajar secara
individual, untuk menunjukkan bahwa siswa telah mengikuti proses tertentu dan
telah mencapai standar tertentu.
Portofolio penampilan merupakan
portofolio yang menyediakan informasi terbaik dari hasil kerja (artefak) siswa.
Biasanya digunakan untuk tujuan pertanggungjawaban (akuntabilitas), pameran,
atau kepentingan mempertunjukkan lainnya.
Rubrik Penskoran Portofolio
Level
|
Kriteria Khusus
|
3
Superior
|
·
Menunjukkan keterampilan pemecahan masalah yang
menonjol
·
Menunjukkan keterampilan berbahasa yang menonjol
·
Menunjukkan kemampuan memberi alasan yang
menonjol
·
Menunjukkan kemampuan membuat
hubungan yang menonjol
·
Pengorganisasian yang sangat baik (rapi) dan
bersih
·
Sesuai dengan permintaan dan persyaratan
|
2
Memuaskan
|
·
Menunjukkan keterampilan pemecahan masalah yang
baik
·
Menunjukkan keterampilan berbahasa yang baik
·
Menunjukkan kemampuan memberi alasan yang baik
·
Pengorganisasian yang baik (rapi) dan bersih
·
Memuaskan dalam semua permintaan dan persyaratan
|
1
Cukup
Memuaskan
|
·
Kadang-kadang menunjukkan keterampilan pemecahan
masalah yang baik
·
Kadang-kadang menunjukkan keterampilan berbahasa
yang baik
·
Kadang-kadang menunjukkan kemampuan memberi
alasan yang baik
·
Pengorganisasian yang dapat
diterima dan bersih
·
Memuaskan dalam sebagian besar permintaan dan
persyaratan
|
0
Tidak
Memuaskan
|
·
Menunjukkan keterampilan pemecahan masalah yang
sangat rendah
·
menunjukkan keterampilan berbahasa yang sangat
rendah
·
Kemampuan memberi alasan yang sangat
rendah
·
Pengorganisasian dan kebersihan yang rendah
·
Tidak sesuai dengan permintaan dan persyaratan
|
No comments:
Post a Comment
Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........