sponsored

Wednesday, November 25, 2015

Pengumpulan kerja siswa (Portofolio)




Portofolio merupakan sajian informasi atau data yang berupa kumpulan pekerjaan siswa sebagai bukti usaha, perkembangan, dan kecakapan siswa dalam satu bidang atau lebih selama periode tertentu yang disusun secara sistematik (Paulson dalam Masdjudi, 2002). 
Portofolio memuat dan mengembangkan lima dimensi yang mencerminkan profil seorang siswa, yaitu (1) pemahaman fakta, (2) refleksi, (3) kemampuan berkomunikasi, (4) keterampilan dan konsep, dan (5) kualitas kerja.  Kelima dimensi itu diperihatkan oleh hasil-hasil proyek siswa seperti karangan argumentasi tentang sesuatu konsep, jurnal siswa, tulisan hasil presentasi siswa, gambar, hasta karya,  dan penyajian data. Memalui penilaian portofolio guru akan mengetahui perkembangan atau kemajuan belajar peserta didik. Misalnya, hasil karya mereka dalam menyusun atau membuat karangan, puisi, surat, komposisi musik, gambar, foto, lukisan, resensi buku/ literatur, laporan penelitian, sinopsis, dan lain-lain. Atas dasar penilaian itu, guru dan/atau peserta didik dapat melakukan perbaikan sesuai dengan tuntutan pembelajaran
Khusus dalam matematika, fokus portofolio pada pemecahan masalah, berpikir dan pemahaman, menulis, komunikasi, hubungan matematika dan pandangan siswa sendiri terhadap dirinya sebagai pembelajar matematika.  Dalam portofolio harus menunjukkan rentangan tujuan pengajaran dan tugas-tugas yang berhubungan. Penilaian portofolio dapat dilakukan siswa dan guru secara bekerja sama. Caranya siswa mengumpulkan semua pekerjaannya selama rentang waktu tertentu. 
Keuntungan menerapkan portofolio (Gronlund dalam Rusoni, 2001) di antaranya:
a.      Kemajuan belajar siswa dapat terlihat dengan jelas
b.      Penekanan pada hasil pekerjaan terbaik siswa memberikan pengaruh positif dalam belajar
c.      Membandingkan pekerjaan sekarang dengan yang lalu akan memotivasi laju belajar
d.      Keterampilan menilai diri sendiri akan mengembangkan kemampuan menyeleksi dan memilih yang terbaik
e.      Sebagai sarana komunikasi dan informasi yang autentik tentang kemajuan belajar siswa bagi guru, orang tua dan siswa itu sendiri.
Prosedur Porfolio  
a.     Gunakan file folder siswa untuk mengumpulkan semua pekerjaannya.
b.     Diskusikan format portofolio yang baik pengorganisasiannya, kebersihannya, tulisan, atau hapusan tinta, daftar isi, dan pernyataan diri tentang mengapa setiap pekerjaan itu dimasukkan dalam portofolio.
c.      Sediakan bermacam tugas sehingga portofolio dapat berupa kerja kelompok,  proyek, investigasi, dan jurnal.
d.     Beri kesempatan siswa mereview portofolio mereka sendiri  dan membandingkan dengan pekerjaan teman lainnya.
e.     Diskusikan bagaimana seharusnya menilai portofolio mereka.
Penilaian portofolio dilakukan dengan menggunakan langkah-langkah seperti berikut ini.
a.     Guru menjelaskan secara ringkas esensi penilaian portofolio.
b.     Guru atau guru bersama peserta didik menentukan jenis portofolio yang akan dibuat.
c.      Peserta didik, baik sendiri maupun kelompok, mandiri atau di bawah bimbingan guru menyusun portofolio pembelajaran.
d.     Guru menghimpun dan menyimpan portofolio peserta didik pada tempat yang sesuai, disertai catatan tanggal pengumpulannya.
e.     Guru menilai portofolio peserta didik dengan kriteria tertentu.
f.      Jika memungkinkan, guru bersama peserta didik membahas bersama dokumen portofolio yang dihasilkan.
g.     Guru memberi umpan balik kepada peserta didik atas hasil penilaian portofolio.
Penilaian Portofolio
Kriteria Penilaian
Pemecahan Masalah
Bahasa
Penalaran logis
Lain-lain
o   Pemahaman masalah
o   Penggunaan bermacam strategi
o   Kemampuan mentransformasikan perencanaan dengan menggunakan model atau teknologi
o   Analisis hasil, termsuk strategi estimasinya
o   Merumuskan masalah
o   Kreativitas menemukan pendekatan untuk memecahkan masalah non rutin
o   Pemecahan yang praktis dan menarik
o   Menggunakan simbol dan terminology yang benar
o   Menulis tepat, ringkas dalam menyampaikan ide.
o   Pengorganisasian tulisan dalam pekerjaan dan jurnal yang baik
o   Penjelasan hasil
o   Ringkasan dari topik kunci
o   Merefleksikan pada ide matematika
o   Meminta atau mengajukan pertanyaan
o   Menyeleksi dan mengorganisasikan pekerjaan siswa secara tepat dan menunjukkan perkembangannya
o   Identifikasi pola
o   Membuat konjektur
o   Menulis pembuktian
o   Menjelaskan mengapa dan bagaimana
o   Meninjau ide-ide dan prosedur
o   Mengkonstruksi, memperluas, dan menerapkan ide
o   Merumuskan contoh penyangkal


o  Menghubungkan matematika dengan dunia nyata
o  Membuat hubungan dalam matematika
o  Mengembangkan sikap positif
o  Nilai-nilai matematka
o  Menggunakan penillian sendiri dan koreksi sendtiri terhadap pekerjaannya
o  Bekerja dalam kelompok
o  Menggunakan model-model atau representasi matematika yang berbeda-beda
o  Interpretasi ide
o  Teknologi
o  Konsep dan prosedur.
Tabel 4. Kriteria Penilaian pada portofolio
     
Jenis Portofolio dapat dibedakan menjadi:
a.  Portofolio kerja (working portfolios)
b.  Portofolio dokumen (document portfolios)
c.  Portofolio penampilan (show portfolios).
Portofolio kerja  digunakan untuk memantau kemajuan dan meng-ases siswa dalam mengelola belajar mereka sendiri. Siswa mengumpulkan semua hasil kerja termasuk coret-coretan (sketches), buram, catatan, kumpulan untuk stimulasi, buram setengah jadi atau pekerjaan yang sudah selesai. Portofolio kerja bermanfaat untuk memberikan informasi tentang bagaimana siswa mengorganisasikan dan mengelola kerja (belajar) serta merefleksi pekerjaan dan hasilnya.
Portofolio dokumen menyediakan informasi baik proses maupun produk yang dihasilkan siswa.  Jenis portofolio ini bermanfaat bagi siswa dan orang tuanya untuk mengetahui kemajuan hasil belajar, untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam belajar secara individual, untuk menunjukkan bahwa siswa telah mengikuti proses tertentu dan telah mencapai standar tertentu.
Portofolio penampilan merupakan portofolio yang menyediakan informasi terbaik dari hasil kerja (artefak) siswa. Biasanya digunakan untuk tujuan pertanggungjawaban (akuntabilitas), pameran, atau kepentingan mempertunjukkan lainnya.




Rubrik Penskoran Portofolio
Level
Kriteria Khusus
3
Superior
·      Menunjukkan keterampilan pemecahan masalah yang menonjol
·      Menunjukkan keterampilan berbahasa yang menonjol
·      Menunjukkan kemampuan memberi alasan yang menonjol
·      Menunjukkan kemampuan membuat hubungan  yang menonjol
·      Pengorganisasian yang sangat baik (rapi) dan bersih
·      Sesuai dengan permintaan dan persyaratan
2
Memuaskan
·      Menunjukkan keterampilan pemecahan masalah yang baik
·      Menunjukkan keterampilan berbahasa yang baik
·      Menunjukkan kemampuan memberi alasan yang baik
·      Pengorganisasian yang baik (rapi) dan bersih
·      Memuaskan dalam semua permintaan dan persyaratan
1
Cukup
Memuaskan
·      Kadang-kadang menunjukkan keterampilan pemecahan masalah yang baik
·      Kadang-kadang menunjukkan keterampilan berbahasa yang baik
·      Kadang-kadang menunjukkan kemampuan memberi alasan yang baik
·      Pengorganisasian yang dapat diterima  dan bersih
·      Memuaskan dalam sebagian besar permintaan dan persyaratan
0
Tidak
Memuaskan
·      Menunjukkan keterampilan pemecahan masalah yang sangat rendah
·      menunjukkan keterampilan berbahasa yang sangat rendah
·      Kemampuan  memberi alasan yang sangat rendah
·      Pengorganisasian dan kebersihan yang rendah
·      Tidak sesuai dengan permintaan dan persyaratan
Tabel 5. Rubrik penskoran pada portofolio

No comments:

Post a Comment

Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........

alexa rank

langganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner