A. Analisis Konteks
1. Mengidentifikasi SI dan SKL
sebagai acuan dalam penyusunan KTSP.
2. Menganalisis kondisi yang ada di satuan pendidikan nonformal (Paket
A setara SD, Paket B setara SMP, dan Paket C setara SMA) yang meliputi peserta
didik dan tenaga kependidikan, sarana prasarana, biaya dan program-program
pendidikan nonformal.
3. Menganalisis peluang dan tantangan yang ada di masyarakat dan
lingkungan sekitar: dewan pendidikan, dinas pendidikan, asosiasi profesi, dunia
industri dan dunia kerja, sumber daya alam dan sosial budaya.
B.
Mekanisme Penyusunan
1.
Tim Penyusun
Tim
penyusun KTSP pada Paket A setara SD, Paket B setara SMP, Paket C setara SMA
yang terdiri atas pendidik/tutor, konseler, pengelola, pengembang dan Dinas
Pendidikan untuk Paket A dan Paket B/ Dinas Pendidikan Provinsi untuk Paket C.
Di dalam kegiatan tim penyusun melibatkan nara sumber, serta pihak lain yang
terkait. di Supervisi dilakukan oleh Dinas Pendidikan tingkat Kabupaten/Kota
untuk Paket A setara SD/MI, dan paket B setara SMP/MTs dan tingkat Provinsi
yang bertanggung jawab di bidang pendidikan tingkat kabupaten/kota untuk SD dan
SMP dan tingkat provinsi untuk SMA/SMK/MA.
2.
Kegiatan
Penyusunan KTSP merupakan bagian dari kegiatan perencanaan kelompok
belajar. Kegiatan ini dapat berbentuk rapat kerja dan/atau lokakarya kejlompok
belajar yang diselenggarakan dalam jangka waktu sebelum tahun pelajaran baru.
Tahap kegiatan penyusunan KTSP secara garis besar meliputi: penyiapan dan
penyusunan draf, review dan revisi, serta finalisasi, pemantapan dan penilaian.
Langkah yang lebih rinci dari masing-masing kegiatan diatur dan diselenggarakan
oleh tim penyusun.
No comments:
Post a Comment
Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........