Sumber bahan ajar merupakan tempat di
manabahan ajar dapat diperoleh. Dalam mencari sumber bahan ajar, siswa dapat dilibatkan
untuk mencarinya. Misalnya, siswa ditugasi untuk mencari koran, majalah, hasil penelitian,
dsb. Hal inisesuai dengan prinsip pembelajaran siswa aktif (CBSA). Berbagai sumber
dapat kita gunakan untuk mendapatkan materi pembelajaran dari setiap standar kompetensi
dan kompetensi dasar. Sumber-sumber dimaksud dapat disebutkan di bawah ini:
1.
Bukuteks
Bukuteks
yang diterbitkan oleh berbagai penerbit dapat dipilih untuk digunakan sebagai sumber
bahan ajar. Bukuteks yang digunakan sebagai sumberbahan ajar untuk suatu jenis matapelajaran
tidak harus hanya satu jenis, apalagi hanya berasal dari satu pengarang atau penerbit.
Gunakan sebanyak mungkin buku teks agar dapat diperoleh wawasan yang luas.
2.
Laporan hasil penelitian
Laporan
hasil penelitian yang diterbitkan oleh lembaga penelitian atau oleh parapeneliti
sangat berguna untuk mendapatkan sumber bahan ajar yang atual atau mutakhir.
3.
Jurnal
(penerbitanhasilpenelitiandanpemikiranilmiah)
Penerbitan berkala yang berisikan hasil penelitian
atau hasil pemikiran sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai sumberbahan
ajar. Jurnal-jurnal tersebut berisikan berbagaihasil penelitian dan pendapat dari
para ahli di bidangnya masing-masing yang telah dikaji kebenarannya.
4.
Pakar bidang studi
Pakar atau ahli bidang studi penting digunakan
sebagai sumber bahan ajar. Pakarta didapat dimintai konsultasi mengenai kebenaran
materi atau bahan ajar, ruang lingkup, kedalaman, urutan, dsb.
5.
Profesional
Kalangan
professional adalah orang-orang yang bekerja pada bidang tertentu. Kalangan perbankan
misalnya tentu ahli di bidang ekonomi dan keuangan. Sehubungan dengan itu bahan
ajar yang berkenaan dengan eknomi dan keuangan dapat ditanyakan pada
orang-orang yang bekerja di perbankan.
6.
Buku kurikulum
Buku
kurikulm penting untuk digunakan sebagai sumber bahan ajar. Karena berdasar kurikulum
itu lah standar kompetensi, kompetensi dasar dan materi bahan dapat ditemukan. Hanyasa
jam materi yang tercantum dalam kurikulum hanya berisikan pokok-pokok materi. Gurulah
yang harus menjabarkan materi pokok menjadi bahan ajar yang terperinci.
7.
Penerbitan berkala seperti harian,
mingguan, dan bulanan.
Penerbitan
berkala seperti Koran banyak berisikan informasi yang berkenaan dengan bahan
ajar suatu matapelajaran. Penyajian dalam koran-koran atau mingguan menggunakan
bahasa popular yang mudah dipahami. Karena itu baik sekali apabila penerbitan tersebut
digunakan sebagai sumber bahan ajar.
8.
Internet
Bahan
ajar dapat pula diperoleh melalui jaringan internet. Di internet kita dapat memperoleh
segala macam sumber bahan ajar. Bahkan satu
mata pelajaran harian untuk berbagai mata pelajaran dapat kita peroleh melalui
internet. Bahan tersebut dapat dicetak atau dikopi.
9.
Media audiovisual (TV, Video, VCD, kaset
audio)
Berbagaijenis
media audiovisual berisikan pula bahan ajar untuk berbagai jenis mata pelajaran. Kita dapat mempelajari
gunung berapi, kehidupan di laut, di hutan belantara melalui siaran televisi.
10.
Lingkungan ( alam, sosial, senibudaya,
teknik, industri, ekonomi)
Berbagai
lingkungan seperti lingkungan alam, lingkungan social, lengkungan seni budaya,
teknik, industri, dan lingkungan ekonomi dapat digunakan sebgai sumber bahan
ajar. Untuk mempelajari abrasi atau penggerusan pantai, jenis pasir, gelombang pasang
misalnya kita dapat menggunakan lingkungan alam berupa pantai sebagai sumber.
Perlu
diingat, dalam menyusun rencana pembelajaran berbasis kompetensi, buku-buku atau
terbitan tersebut hanya merupakan bahan rujukan. Artinya, tidaklah tepat jika hanya
menggantungkan pada buku teks sebagai satu-satunya sumber tabahan ajar. Tidak tepat
pula tindakan mengganti buku pelajaran pada setiap pergantian semester atau pergantian
tahun. Buku-buku pelajaran atau buku teks yang ada perlu dipelajari untuk dipilih
dan digunakan sebagai sumber yang relevan dengan materi yang telah dipilih untuk
diajarkan.
Mengajar bukanlah menyelesaikan satu buku, tetapi membantu
siswa mencapai kompetensi. Karena itu, hendaknya guru menggunakan banyak sumber
materi. Bagi guru, sumber utama untuk mendapatkan materi pembelajaran adalah buku teks dan buku
penunjang yang lain.
No comments:
Post a Comment
Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........