Pengertian Silabus
Silabus merupakan penjabaran lebih lanjut dari SK dan KD yang ingin dicapai dan materi pokok serta uraian materi yang
perlu dipelajari peserta didik dalam rangka mencapai SK dan KD. Dalam pengembangan kurikulum dan
pembelajaran, lebih dahulu ditentukan SK yang berisi pengetahuan, sikap, dan
keterampilan yang ingin dicapai, materi yang harus dipelajari, pengalaman
belajar yang harus dilakukan, dan sistem evaluasi untuk mengetahui pencapaian
SK. Dengan kata lain, pengembangan kurikulum dan pembelajaran menjawab
pertanyaan (1) Apa yang akan diajarkan (SK, KD, dan Materi Pembelajaran); (2) Bagaimana cara melaksanakan kegiatan pembelajaran, metode, media; (3) Bagaimana dapat
diketahui bahwa SK dan KD telah tercapai (indikator dan penilaian).
Lebih
lanjut Silabus sebagai acuan
pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) pendidikan kesetaraan
Program Paket A, Program Paket B, dan Program Paket C memuat identitas mata
pelajaran atau tema pelajaran, SK, KD, materi pembelajaran, kegiatan
pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, alokasi waktu sesuai
dengan jenis layanan pembelajaran dan sumber belajar.
Silabus bermanfaat sebagai pedoman dalam pengembangan
pembelajaran, seperti pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan
pembelajaran dan pengembangan sistem penilaian. Silabus merupakan komponen pokok dalam penyusunan rencana
pembelajaran, baik rencana pembelajaran untuk satu SK maupun satu KD. Silabus juga bermanfaat sebagai pedoman
untuk merencanakan pengelolaan kegiatan pembelajaran, misalnya kegiatan belajar
secara klasikal, kelompok kecil, atau pembelajaran secara individual. Demikian
pula, Silabus sangat bermanfaat
untuk mengembangkan sistem penilaian. Dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis
kompetensi sistem penilaian selalu mengacu pada SK, KD, dan indikator yang
terdapat di dalam Silabus.
No comments:
Post a Comment
Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........