sponsored

Tuesday, March 20, 2012

Download RPP IPS SMP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)


Nama Sekolah                :     ...................................   
Mata Pelajaran                :     Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester             :     VII / 1
Standar Kompetensi        :     1.       Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kompetensi Dasar          :     1.1.    Mendiskripsikan keragaman bentuk muka    bumi,  proses pembentukan dan dampaknya   terhadap kehidupan
Alokasi Waktu                :     12 jam pelajaran ( 6 x pertemuan )


A.    TUJUAN PEMBELAJARAN*    :
      Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
Pertemuan 1 :
Ü  Menjelaskan proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya bentuk muka bumi dengan Tekun ( diligence )
Pertemuan 2 :
Ü  Menjelaskan gejala diastropisme dan vulkanisme dengan Tekun ( diligence )
Ü  Membedakan tipe-tipe gunung menurut bentuknya dengan Tekun ( diligence )
Pertemuan 3 :
Ü  Menyebutkan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkan Secara telitian ( carefulness)
Ü  Menyebutkan jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya Secara telitian ( carefulness)
Pertemuan 4 :
Ü  Menjelaskan terjadinya proses pelapukan  dengan Tekun ( diligence )
Pertemuan 5 :
Ü  Menyebutkan faktor penyebab erosi dan dampak erosi Secara telitian ( carefulness)
Pertemuan 6 :
Ü  Menjelaskan dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen dengan Tekun ( diligence )

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.     MATERI  PEMBELAJARAN     :
            1.   PROSES ALAM ENDOGEN TERHADAP PEMBENTUKAN MUKA BUMI      
Pertemuan I :
a.    Pendahuluan
            -     Apersepsi              :      Sebutkan nama gunung api yang pernah kalian lihat dan dengan
            -     Motivasi                :  -   Mengapa di dunia ini sering terjadi gempa bumi
                                       -   Apa akibatnya jika terjadi gempa bumi
      b.    Kegiatan Inti  :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menjelaskan proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya bentuk muka bumi dengan Tekun ( diligence )
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Salah satu siswa disuruh menjelaskan proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya berbagai bentukan di permukaan bumi
F  Siswa dibagi menjadi 2 kelompok
                  *    Kelompok I     :      diberi tugas memberikan contoh faktor penyebab terjadinya bentukan  muka bumi yang berasal dari luar / eksogen
                  *    Kelompok II    :      Memberikann contoh penyebab terjadinya bentukan muka bumi yang  berasal dari dalam / endogen
F  Setiap kelompok membuat hasil laporan dari diskusi kelompok Secara telitian ( carefulness)
F  apa kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan dan kelompok lain memberikan tanggapan
F  ya jawab tentang perbedaan faktor endogen dan eksogen
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
A.    SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN       :
     1.    Peta
     2.    Atlas
     3.    Globe
     4.    Kertas karton /HVS
     5.    Kertas penilaian Psikomotorik
     6.    Maket bentukan muka bumi
     7.    Buku Geografi yang relevan



B.     PENILAIAN    :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
·   Mengidentifikasi bentuk-bentuk muka bumi daratan dan dasar laut

·   Mendeskripsikan proses alam endogen yang menyebabkan   terjadinya     bentuk muka bumi.

·   Mendeskripsikan gejala diastropisme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung api.

·   Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya.


·   Mendeskripsikan  proses pelapukan

·   Mendeskripsikan  proses erosi, dan faktor-faktor penyebabnya, dampaknya.

·   Memberikan contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi.

·   Mengidentifikasi dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya.

Tes lisan



Tes lisan




Tes tulis






Penugasan


Tes tulis


Tes tulis


















































Tertulis




Daftar pertanyaan.


Daftar pertanyaan



Pilihan Ganda





Tugas rumah

Tes Uraian


Pilihan ganda

















































Tes Uraian




Sebutkan jenis-jenis bentuk muka bumi daratan!

Apakah yang dimaksud tenaga geologi dan berikan contohnya!

Tipe gunung api yang banyak terdapat di Indonesia yaitu ….
a.       maar
b.      perisai
c.       starto
d.      kaldera

Buatlah peta jalur gempa bumi di Indonesia pada kertas karton ukuran A2!

Jelaskan proses pelapukan biologis!

Erosi yang disebabkan gelombang air laut yang mengikis pantai disebut ....
a.       abrasi
b.      deflasi
c.       glasial
d.      korasi

Sedimen yang diendapkan disepanjang pantai sampai kedalaman 200 meter disebut batuan......
a. Breksi
b. Konglomerat
c. Pasir
d. lempung

Gempa bumi yang disebabkan dislokasi atau pergeseran lapisan batuan yang panjang didalam
bumi disebut....
a. Gempa bumi vulkanik
b. Gempa bumi tektonik
c. Gempa bumi     vulkanotektonik
d. Gempa bumi runtuhan

faktor yang paling berpengaruh dalam pelapukan organik adalah....
a. air
b. makluk hidup
c. penyinaran matahari
d. angin

Tanah endapan vulkanis sangat subur, karena.....
a. Butirannya halus
b. Mengandung P dan K
c. Mengandung N
d. Mengandung humus


Dampak negatif tenaga endogen adalah adanya getaran orogenik yang menimbulkan.....
a. Patahan
b. Lipatan
c. Gunung api
d. Gempa

Berilah 2 contoh bentang alam hasil sedimentasi oleh air!

Jelaskan struktur lapisan bumi!

Sebutkan jenis-jenis struktur patahan dan lipatan!

Sebutkan tiga golongan batuan beserta contohnya!

Bagaimana menanggulangi dampak negatif tenaga eksogen dan endogen?

Jelaskan 3 manfaat material vulkanik gunung api !



                                                                                               
Mengetahui,
Kepala Sekolah ..................



( …………………………………. )
NIP/NIK : ......................................

……………, ………………  20 ….
Guru Mapel  IPS,



( …………………………………. )
NIP/NIK : ......................................

No comments:

Post a Comment

Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........

alexa rank

langganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner