sponsored

Saturday, April 15, 2017

Langkah-langkah model Inquiry Learning

d. Langkah-langkah model Inquiry Learning adalah sebagai berikut:
1. Mengamati berbagai fenomena alam yang akan memberikan pengalaman belajar kepada peserta didik untuk memperoleh berbagai fakta atau fenomena. Contoh: Peserta didik mengamati video terbentuknya hujan dari proses penguapan
2. Mengajukan pertanyaan tentang fenomena yang dihadapi untuk melatih peserta didik mengeksplorasi fenomena melalui berbagai sumber. Contoh:
Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang fenomena yang terjadi pada objek yang diamati dari tayangan video
3. Mengajukan dugaan atau kemungkinan jawaban dapat melatih peserta didik dalam mengasosiasi atau melakukan penalaran terhadap kemungkinan jawaban dari pertanyaan yang diajukan Contoh:
Peserta didik mendiskusikan dan mengajukan dugaan sementara penyebab terjadinya fenomena alam tersebut
4. Mengumpulkan data yang terkait dengan dugaan atau pertanyaan yang diajukan, sehingga peserta didik dapat memprediksi dugaan yang paling tepat sebagai dasar untuk merumuskan suatu kesimpulan Contoh:
Peserta didik mengumpulkan data dari berbagai sumber berkaitan dengan dugaan sementara penyebab terjadinya fenomena alam tersebut.
5. Menganalisis data dari hasil kegiatan pengumpulan data Contoh:
Peserta didik dalam kelompok melakukan analisis berdasarkan data yang didapatkan dari berbagai sumber dikaitkan dengan konsep keseimbangan ekosistem
6. Merumuskan kesimpulan-kesimpulan berdasarkan data yang telah diolah atau dianalisis, sehingga peserta didik dapat mempresentasikan atau menyajikan hasil temuannya Contoh:
Peserta didik menyimpulkan bahwa jika di alam terjadi gangguan keseimbangan ekosistem termasuk daur biogeokimia, harus dilakukan upaya rehabilitasi agar keseimbangan proses bisa berlangsung.

No comments:

Post a Comment

Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........

alexa rank

langganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tentang Saya

My photo

Saya orang yang cukup terbuka

Google+ Followers