sponsored

Sunday, January 24, 2016

Keaksaraan Untuk Semua

Hasil gambar untuk paud

Pendidikan keaksaraan merupakan salah satu upaya untuk memenuhi hak-hak dasar warga negara di bidang pendidikan, sekaligus sebagai upaya pemenuhan hak-hak asasi manusia. Pendidikan keaksaraan dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas warga masyarakat dalam hal kemampuan membaca, menulis, dan berhitung. Dalam hal ini, pendidikan keaksaraan diharapkan dapat meningkatkan kapasitas peserta didik hingga mencapai kemampuan basic literacy.

Pendidikan keaksaraan dengan pendekatan keaksaraan fungsional diharapkan dapat memberikan keterampilan praktis yang diarahkan pada peningkatan kualitas masyarakat di bidang ekonomi, terutama dalam rangka mendapatkan nafkah guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Pelaksanaan pendidikan keaksaraan diupayakan semakin terarah, terencana, dan berkelanjutan agar sejalan dengan program pengentasan kemiskinan. Program pendidikan keaksaraan dengan penekanan pada peningkatan kecakapan hidup (life skills) harus dapat dilaksanakan sesuai dengan standar keaksaraan yang jelas dan terukur.

Dengan demikian, hasil-hasil yang diperoleh dapat memberikan sumbangan terhadap peningkatan produktivitas masyarakat pada umumnya, peningkatan produktivitas kelompok sasaran pada khususnya. Untuk selanjutnya, perlu diperkuat pengembangan dan pelaksanaan program AKRAB (AKsaRa Agar Berdaya) sebagai adopsi dan adaptasi program LIFE (literacy Innitiative for Empowerment) di Daerah.  

Program pendidikan keaksaraan, Indonesia telah mencapai 50% pada tahun 2008 dari target yang ditetapkan pada Konvensi Dakar tahun 2015. Angka melek huruf pada tahun 2011 telah mencapai 95,2%.

No comments:

Post a Comment

Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........

alexa rank

langganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tentang Saya

My photo

Saya orang yang cukup terbuka

Google+ Followers