Lembar kegiatan siswa (student work sheet) adalah
lembaran-lembaran berisi tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik. Lembar
kegiatan siswa akan memuat paling tidak; judul, KD yang akan dicapai, waktu
penyelesaian, peralatan/bahan yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas,
informasi singkat, langkah kerja, tugas yang harus dilakukan, dan laporan yang
harus dikerjakan.
Dalam menyiapkan lembar kegiatan siswa dapat
dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
·
Analisiskurikulum
Analisis kurikulum dimaksudkan untuk menentukan
materi-materi mana yang memerlukan bahan ajar LKS. Biasanya dalam menentukan
materi dianalisis dengan cara melihat materi pokok dan pengalaman belajar dari
materi yang akan diajarkan, kemudian kompetesi yang harus dimiliki oleh siswa.
·
Menyusunpetakebutuhan LKS
Petakebutuhan LKS sangat diperlukan guna mengetahui jumlah LKS yang
harus ditulis dan sekuensi atau urutan LKS-nya juga dapat dilihat.Sekuens LKS
ini sangat diperlukan dalam menentukan prioritas penulisan.Diawali dengan analisis kurikulum dananalisis sumber belajar.
·
Menentukan judul-judul LKS
Judul LKS ditentukan atas dasarKD-KD,
materi-materi pokok atau pengalaman belajar yang terdapat dalam kurikulum.Satu KD dapat dijadikan sebagai judul modul apabila kompetensi itu tidak terlalu besar,
sedangkan besarnya KD dapat dideteksi antara lain
dengan cara apabila diuraikan kedalam materi pokok (MP) mendapatkan maksimal 4 MP,
maka kompetensi itu telah dapat dijadikan sebagai satu judul LKS.
Namun apabila diuraikan menjadil ebih dari 4 MP,
maka perlu dipikirkan kembali apakah perlu dipecah misalnya menjadi 2 judul LKS.
·
PenulisanLKS
Penulisan LKS dapatdilakukandenganlangkah-langkahsebagaberikut:
- PerumusanKD
yang harusdikuasai
Rumusan KD pada suatu LKS langsung diturunkan dari
dokumen SI.
- Menentukan alat Penilaian
Penilaian dilakukan
terhadap proses kerja dan hasil kerja peserta didik. Karena pendekatan pembelajar-an yang digunakan adalah kompetensi, dimana
penilaiannya didasarkan pada penguasaan kompeten-si, maka alat penilaian yang
cocok adalah menggunakan pendekatan Panilaian Acuan Patokan (PAP) atau Criterion Referenced Assesment. Dengan
demikian guru dapat menilainya melalui proses dan hasil kerjanya.
- Penyusunan Materi
Materi LKS
sangat tergantung pada KD yang akan dicapai. Materi LKS dapat berupa
informasi pendukung, yaitu gambaran umum atau ruang lingkup substansi yang akan
dipelajari. Materi dapat diambil dari berbagai sumber seperti buku, majalah,
internet, jurnal hasil penelitian. Agar pemahaman siswa terhadap materi lebih
kuat, maka dapat saja dalam LKS ditunjukkan referensi yang digunakan agar siswa
membaca lebih jauh tentang materi itu. Tugas-tugas harus ditulis secara jelas
guna mengurangi pertanyaan dari siswa tentang hal-hal yang seharusnya siswa
dapat melakukannya, misalnya tentang tugas diskusi. Judul diskusi diberikan
secara jelas dan didiskusikan dengan siapa, berapa orang dalam kelompok diskusi
dan berapa lama.
- Struktur LKS
Struktur LKS secara umum adalah sebagai berikut:
* Judul
* Petunjuk belajar (Petunjuk siswa)
* Kompetensi yang akan dicapai
* Informasi pendukung
* Tugas-tugas dan langkah-langkah kerja
* Penilaian
No comments:
Post a Comment
Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........