sponsored

Sunday, September 2, 2012

mahalnya gaharu.............????

Ganif Aswoko, Tim Program Masjid Gaharu kota Depok saat kami temui di rumahnya di Sawangan Permai mengatakan nilai kayu gaharu saat ini seperti jenis super king mencapai  Rp 30 juta/kg.

Sedangkan kayu gaharu jenis super dihargai Rp21 juta hingga Rp 25 juta/kg, untuk harga kacangan berkisar Rp 3 juta sampai Rp 10 juta/kg dan untuk jenis teri Rp 400.000 hingga Rp 2 juta/kg.

Produk gaharu yang tersedia di pasaran berbentuk kayu, chips, dan bubuk. Minyak gaharu dihasilkan oleh kayu gaharu kulitas rendah. Namun, kualitas gaharu oleh pemerintah di bagi menjadi gubal, kemendangan dan abu. Riset kayu gaharu di Indonesia sudah dilakukan sejak 15 tahun yang lalu dan kini sudah ditemukan pohon gaharu terbaik yang dapat tumbuh sekitar 5 cm/tahun untuk diameter batangnya.

Demikian pula untuk proses penyuntikan jamur parasit yang efektif sehingga pohon gaharu dapat diambil seluruh batang dan akarnya. Proses penyuntikan dilakukan setelah pohon gaharu berusia 6 tahun.

Dia menambahkan pohon gaharu baru dapat dipanen setelah 1-2  tahun proses penyuntikan. Hasil budidaya pohon gaharu diperkirakan berada di kelas teri masa panen 5 tahun seluruh bagian pohon akan diambil dengan bobot 30 kg hingga 60 kg.

Sedangkan untuk menghasilkan kualitas kayu gaharu kelas super king baru dapat dilakukan pohon gaharu yang berusia lebih dari 15 tahun. "Pendataan bibit pohon yang ditanam untuk menghindari kelebihan pasokan pada saat panen,"tambahnya.

Pohon gaharu dapat tumbuh dengan baik di daerah tropis dengan ketinggian 750 meter dari permukaan laut. Berdasarkan hasil penelitian beberapa lembaga pendidikan, pohon gaharu tumbuh dengan baik apabila tanah yang ditumbuhinya bisa ditumbuhi pohon berkayu keras.

"Pada saat ini pohon gaharu terdapat di daerah Kalimantan, Sumatera dan Papua. Kayu gaharu digunakan untuk menghasilkan parfum upacara keagamaan, pengobatan dan kosmetik," ucapnya. Ganif menjelaskan kayu gaharu diperoleh dari pohon gaharu dari spesies Aquailaria spp, yang menghasilkan diinfeksi oleh sejenis jamur parasit sehingga menghasilkan resin didalam kayu tersebut.
Pada awal bulan Februari 2009 ini Dia dan teamnya akan melakukan panen gaharu di Bogor.

No comments:

Post a Comment

Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........

alexa rank

langganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tentang Saya

My photo

Saya orang yang cukup terbuka

Google+ Followers