sponsored

Friday, March 23, 2012

belajar bahasa inggris dengan mudah tanpa grammer yang memusingkan Part 2

Dalam postingan sebelumnya saya sudah mengulas tujuan mempelajari bahasa inggris........apa saja itu???

Grammar?? .. itu bukan tujuan orang belajar bahasa, sayang. Karena itu sangatlah meleset jika anda belajar bahasa Inggris dengan tujuan Grammar. Lalu mulailah anda menghapal rumus-rumus Grammar ini dan itu, akhirnya malah puyeng – darah tinggi kumat, tiap hari marah-marah di rumah tanpa sebab. Okey, baik kita lanjutkan yah
“ ..Language is a set of skills ..” maksudnya bahwa bahasa adalah seperangkat keterampilan. Maksudnya apa nih? okey .. pertama anda harus pahami antara “Pengetahuan” dan “Keterampilan”

samakah mereka?
Tentu anda setuju bahwa mereka tidak sama. Dalam psikologi pengetahuan itu masuk dalam ranah  cognitive (cognitive domain). Pelajaran semasa kita SMP seperti Geografi, Ilmu Bumi itu sifatnya cognitive – gampang nya hapalan Keterampilan masuk dalam ranah motoric atau gerak. Pelajaran seperti Mengetik, Berenang, Pencak Silat semuanya masuk dalam ranah motoric (motoric domain).

Artinya untuk menguasai nya anda WAJIB gerak. Kalau nggak mau bergerak ya nggak akan bisa. Apalagi yang disebut keterampilan itu apabila sudah dapat kita lakukan secara otomatis tanpa berpikir (automatically without thinking)


Apa rumus nya agar naik sepeda nggak jatuh?
Apa rumus nya biar mengapung saat berenang?

Tidak ada rumus apapun yang perlu ada hapal untuk dapat melakukan hal tersebut diatas. Yang diperlukan hanya 1 (satu) langkah sederhana yaitu:

 Praktek .. Praktek .. Praktek
 Gerak ...Gerak ...Gerak ...


Sederhana sekali bukan? penyakitnya juga sebetulnya sederhana
 Males ...males.... males
 Takut salah ...takut salah ...takut salah

Kemarin saya kaya nya baca deh sebuah iklan berbahasa Inggris di pasang di Amazon, yang kira2 artinya begini

"Dicari seorang guru private Renang, untuk mengajarkan private renang kepada seorang syekh multimilyarder di Yaman. Cantumkan berapa gaji yang diminta – berapa pun akan dikabulkan oleh Syekh. Yang penting berhasil – dan ngomong2 syekh nggak akan berani terjun kedalam air sebelum mahir berenang, takut penyakit ayan nya kumat dadakan Profesional !! .. saya mengundang anda untuk menerapkan semua metode serta teknik tercanggih anda untuk membuat syekh mampu berenang. Sekali lagi ingat, syekh tidak akan mau menyentuh air sebelum bisa berenang"
Regards,
Abunawar

Hehe..Anda berminat melamar? mungkin anda langsung menggerutu n maki-maki “ .. bahlul nih syekh. Gimana bisa belajar renang kalo ga mau nyebur, berenang kan keterampilan – motoric domain ya harus gerak langsung, harus praktek langsung. Masa praktek nya di kasur, mana mintanya langsung belajar gaya kupu2 duluan ...haduuh – masa Cuma tengkurep di kasur bari ndut2an ....”

Betul, apapun yang sifatnya skill adalah motoric, dan apapun yang sifatnya motoric tidak ada cara lain
kecuali langsung gerak ..gerak ..praktek ...praktek

Siapa lagi yang ingin Mampu mengalahkan 20 Orang
hanya dengan 1 langkah Cerdik atau Saya keluarkan
Rp. 500.000,- langsung dari Dompet saya ..
Gratis !! ..Belajar KungFu metode terbaru dari Jet Lee

Halah, Gratis ?!! .. hajar bleh. Wusss...cepat sekali respon netter saat melihat iklan tersebut. Belum ada setengah hari pendaftaran sudah ditutup, ada 200 orang pendaftar saat ditutup jam 11 siang. Pertemuan 01 Pada hari belajar yang ditentukan berdatanganlah 200 orang pecinta gratisan tersebut dan kumpul di lapangan. Setelah menunggu 3 jam lamanya – waktu itu ngga ada yang berani protes semua diem aja, takut dimarahin sama Jet Lee, “udah gratis, bawel lage !! ...”

Jet Lee : Ayo kalian-kalian !!, semua masuk kedalam ruangan kelas ini (Sibuk sekali para peserta di lapangan itu ada yang cepat2 lepas dasi buka kemeja ganti baju karate, ada cewe yang buru2 lepas rok panjang mau ganti celana silat komprang bekas punya bapa nya) Jet Lee : Ga usah ganti pakean segala. Enjoy aja, ayo masuk pada duduk yang tertib di meja kalian !!

(dalam waktu singkat duduklah semua peserta didalam ruangan kelas, 1 meja berdua seperti biasanya mereka
belajar dalam kelas, ada papan tulis nya juga lho. Berisik sekali suasana kelas. Tak lama masuklah sang guru)

Jet Lee : Ehem .. Ehem !! ..(peserta langsung hening ...)
Jet Lee : Coba 1 orang cowo maju, bagikan buku2 ini .. tiap orang satu buku ya!!
Peserta : Siap boz !! .. tapi Gratis kan ??? ..makasih boz! (tak lama kemudian ..)
Jet Lee : Buka halaman 1, hari ini kita akan membahas Bab I Pengantar Kungfu disitu saya akan jelaskan apa itu Kung fu, sejarah kungfu dan perkembangan Kung Fu dari jaman ke jaman (mulailah Jet Lee ceramah, menerangkan kepada peserta Bab I tersebut. Hampir lebih dari 120 menit lamanya)
Jet Lee : Baik, sekarang kalian kerjakan Latihan 1 s/d 15 yang ada di halaman 9.
Disitu ada Pilihan Ganda, Essay .. jangan ada yang nyontek ya !! ,,kecuali kepepet !!

(baru 20 menit tiba-tiba .. kloneng 3x .. bel kelas berbunyi !!)

Jet Lee : Ya .. kumpulkan !! ..waktu kalian sudah habis !! ...Datang kembali pertemuan berikutnya yah. Total ada 32 pertemuan Gratis buat kalian !!
Peserta : Pake seragam ga boz??
Jet Lee : Sape yang nyuruh ??!!!...hah!! ...criwis lu pade !!
(peserta tersebut langsung ngeloyor pergi ..dan semua peserta pulang)

Pertemuan 02
Jet Lee : Baik, sekarang buka Bab II yaitu “Rumus-rumus Pukulan”. Kalian bawa kalkulator kan??
(mulailah Jet Lee menerangkan jenis-jenis pukulan, ada pukulan lurus, pukulan bengkok keatas, ada pukulan bengkok kekiri, bagaimana menghitungkan efek pukulan melalui kecepatan berbanding ini dan itu ..weleh, peserta hening, buka kalkulator mengerjakan latihan-latihan tentang pukulan. Mau protes ga ada yang berani, takut dibilang “udah gratis, rewel !!” ..
Jet Lee : Ya!! .waktu kalian sudah habis. Kalian telah mengetahui rumus-rumus pukulan, besok kita akan membahasa Rumus-rumus Tendangan

Pertemuan 03 : (Pelajaran tentang RumusTendangan)
Pertemuan 04 : (Pelajaran tentang RumusTangkisan)
Pertemuan 32 : (Pelajaran pamungkas tentang 1 (satu) Langkah Cerdik yaitu Jurus 1000 Langkah Dewa alias Jurus Dewa Kabur)
Jet Lee : Peserta yang saya cintai. Hari ini saya akan menobatkan 200 orang pende kar seni kungfu modern. Jangan sombong !! ..Ingat itu !! . Jangan sekali-kali gunakan jurus pamungkas – kecuali jika sudah tidak ada jalan lain !! ..
Peserta : Siap guruu !! ...tabik guruu !! ..
(Peserta pada terheran-heran?? lah?? ..kok udahan, dari awal ga pernah ke lapangan?? ..kapan prakteknya??
ya udahlah GRATIS ini, anggap aja itung-itung ngejemur badan n ngabisin umur) Benarkah 200 Peserta itu kini sudah menguasai Kung Fu? Jika jawaban nya TIDAK ..
Mengapa Demikian ??
Benar sekali !!

Tak satupun dari 200 orang peserta itu yang MENGUSAI KUNG FU. Mereka hanya memiliki PENGETAHUAN tentang Kung Fu itu saja – bukan menguasai Kung Fu itu sendiri

Berarti sama saja GAGAL dong? betuull ... kenapa gagal? karena mereka tidak praktek kan. Kenapa harus dipraktekkan? karena Kung Fu adalah SKILL – Kung Fu adalah ketrampilan yang termasuk dalam motoric domain, motoric artinya gerak – berarti tidak ada cara lain untuk menguasai Kung Fu kecuali langsung praktek – langsung gerak Wah lancar sekali anda menjawab nya. Mantap !!

I.B What is English
Nah sekarang kembali anda hening kembali. Dalam buku SuperLearning2000 dikatakan bahwa otak anda akan lebih cepat menyerap hal yang baru jika jiwa anda dalam keadaan hening. Okey hening kembali sekarang, dan tanyakan pada diri anda“ ... Bahasa Inggris itu termasuk Pengetahuan (knowledge) ataukah Ketrampilan (skill) ..??”

Benaaar !! ....Yess !! ...Bahasa Inggris termasuk dalam kategori SKILL atau ketrampilan. Bahkan ada 4 (empat) ketrampilan yang harus anda kuasai dalam bahasa Inggris yaitu Listening, Speaking,Reading, Writing !! Jadi untuk menguasai semua nya tidak ada cara lain kecuali langsung gerak – langsung praktek

Oke kelanjutannya nunngu postingan berikutnya ya.......
disadur dari buku...rahasia belajar bahasa inggris tanpa grammer.

No comments:

Post a Comment

Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........

alexa rank

langganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner