sponsored

Thursday, March 22, 2012

Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah Tanpa Melalui GRAMMAR yang Membosankan !! Part 1

Sebelum saya membeberkan kepada anda trick-trick untuk menguasai Bahasa Inggris, tentu saja saya perlu memberikan pemahaman pada anda ‘apa sebetulnya Bahasa Inggris itu’. Selama ini orang salah paham tentang Bahasa Inggris sehingga mereka keliru dalam memperlakukannya Bahasa Inggris memang mempunyai karakter yang unik, yang anda perlu mengenalnya – dengan mengenal keunikan tersebut anda akan mengetahui bagaimana trick nya untuk menguasai bahasa tersebut dengan cara yang mudah, yang selama ini belum pernah terpikirkan oleh anda. Baik sebelum saya beberakan pada anda apa itu Bahasa Inggris – kita mundur selangkah ke belakang untuk mengingatkan kepada anda “apa itu Bahasa”

I.A What is Language


“ ..language is a means of communication” bahasa adalah alat komunikasi. Coba anda rasakan benar-benar kalimat tersebut. Lupakan semua pemahaman tentang bahasa yang telah anda miliki selama ini. Ya, bahasa hanyalah alat komunikasi. Kenapa bahasa itu diperlukan sebagai alat? apakah benar bahwa tanpa alat tersebut (bahasa) manusia tidak bisa berkomunikasi? Baiklah Dalam pergaulan sehari-hari manusia yang pada hakikatnya adalah makhluk sosial saling berkomunikasi yang intinya yaitu untuk menyampaikan Pikiran (thought), Perasaan (feeling) dan Kebutuhan (needs) Anda sakit perut, dan anda ingin agar istri anda tahu bahwa anda sedang sakit perut. Bisakah anda menyampaikan hal ini tanpa bahasa? bisa .. betul anda bisa menyampaikannya, cukup anda pegang perut anda, sambil meringis-ringis maka istri anda paham bahwa anda sakit perut Tapi bagaimana jika anda ingin mengatakan ‘teman nya bapak mertua saya cacingan” .. Nah disini
anda mulai pusing bagaimana cara menyampaikan pikiran (thought) anda tanpa alat bahasa. Bagaimana coba, bisa nggak?
Kalau begitu orang mempelajari bahasa pada hakikatnya hanya suatu usaha untuk memiliki dan mampu menggunakan ALAT tersebut saja? betul, .. tidak lebih karena itu jangan dilebih-lebihkan dan tidak kurang karena nya jangan dikurang-kurangi.

Saat ini anda akan memulai mempelajari Bahasa Inggris, tujuan akhirnya ya sederhana saja yaitu bahwa anda mampu menggunakan Bahasa Inggris untuk menyampaikan Pikiran (thought), Perasaan (Feeling) dan Kebutuhan (needs), selesai.

Tapi saya harus cerdas dong? .. halah, kalau untuk bisa bahasa Inggris harus cerdas mana mungkin orang gila di London bisa berbicara dalam Bahasa Inggris. Pakai celana saja terbalik, boro-boro cerdas.

"Seorang bayi perempuan usia 10 bulan, anggap saja namanya Neneng sedang duduk di keretanya bersama emak nya. Tiba-tiba melintaslah seorang tukang balon. Neneng melihat balon itu dan ia merasakan indah, lalu timbul keinginan untuk memiliki balon tersebut. Perasaan dan kebutuhan tersebut berkecamuk dalam diri nya, ia ingin menyampaikan perasaan dan kebutuha tersebut kepada mama nya, dia membutuhkan alat yaitu bahasa – tapi saat itu dia belum punya. Terus bagaimana? ..ya tidak ada cara lain kecuali dia pake alat pamungkas yaitu MENANGIS – neneng langsung menangis keras sambil menunjuk tukang balon ..ups maaf, menunjuk balon tersebut. Betul, menangis adalah alat komunikasi seorang bayi Seminggu berlalu ... Neneng kini memiliki kata pertama yaitu EMAK, Minggu kedua .. Neneng memiliki kata berikutnya yaitu BALON Pada suatu sore ketika tengah belajar berjalan dengan emaknya, melintaslah kembali seorang tukang balon yang sama. Apakah Neneng masih perlu berkomunikasi dengan “menangis” ?? No

way, dia sekarang sudah memiliki alat untuk mengkomunikasi kan hal tersebut yaitu Bahasa Dengan santai, neneng menunjuk balon sambil berkata, “emak ..balon ..balon ..” Begitu mudah, begitu santai, tanpa perlu mengeluarkan tenaga, tanpa perlu mengeluarkan airmata. Neneng dapat menyampaikan perasaan (feeling) dan kebutuhan nya (needs) dengan menggunakan Bahasa

Seharusnya begitulah anda belajar Bahasa Inggris, dari awal anda gunakan seperti halnya si Neneng – padahal baru 2 (dua) kata tapi langsung digunakan sebagaimana fungsinya Coba kita hening sejenak yuk ..saya minta anda hening sehening mungkin, dan bertanya kepada diri anda sendiri

“ ...sudah berapa kata Bahasa Inggris kah yang anda milliki saat membaca ebook ini? hanya 2 (dua) kata kah seperti si Neneng? ...” Jawab dengan jujur? saya yakin jawaban Anda sebagian besar lebih dari 30 kata. Lantas kenapa tidak anda gunakan sejak dini? bukankah bahasa adalah alat – kenapa anda tidak gunakan semestinya yaitu sebagai alat komunikasi. Malu dong sama Neneng ..hehe

Atau mungkin anda ingin membela diri dengan mengatakan, “begini Mr.Teguh, saya seorang pemain valas, dan saya hanya akan mengeluarkan nya saat harga naik? ..oh saya memang sengaja mendeposito kan semua kata-kata tersebut Sudahlah, akui saja KESALAHAN TERBESAR yang dimiliki oleh hampir semua orang yang belajar Bahasa Inggris yaitu “..tidak menggunakan nya sebagai alat ...”

Cara orang berkomunikasi melalui beberapa media yaitu bicara (speaking), ada yang bicara tentu ada yang mendengar (listening), setelah ditemukannya tulisan maka orang berkomunikasi dengan menggunakan bahasa tulisan (writing), dan tentu saja ada yang membaca (reading) Listening, Speaking, Reading dan Writing -> inilah yang disebut dengan 4 keterampilan bahasa atau 4 skills of language. Maksudnya apa? Maksudnya tujuan orang belajar bahasa adalah menguasai 4keterampilan ini yaitu :
Grammar?? .. itu bukan tujuan orang belajar bahasa, sayang. Karena itu sangatlah meleset jika anda belajar bahasa Inggris dengan tujuan Grammar. Lalu mulailah anda menghapal rumus-rumus Grammar ini dan itu, akhirnya malah puyeng – darah tinggi kumat, tiap hari marah-marah di rumah tanpa sebab. Okey, baik kita lanjutkan yah
“ ..Language is a set of skills ..” maksudnya bahwa bahasa adalah seperangkat keterampilan. Maksudnya apa nih? okey .. pertama anda harus pahami antara “Pengetahuan” dan “Keterampilan” samakah mereka?

Tentu anda setuju bahwa mereka tidak sama. Dalam psikologi pengetahuan itu masuk dalam ranah cognitive (cognitive domain). Pelajaran semasa kita SMP seperti Geografi, Ilmu Bumi itu sifatnya cognitive – gampang nya hapalan Keterampilan masuk dalam ranah motoric atau gerak. Pelajaran seperti Mengetik, Berenang, Pencak Silat semuanya masuk dalam ranah motoric (motoric domain).

Artinya untuk menguasai nya anda WAJIB gerak. Kalau nggak mau bergerak ya nggak akan bisa. Apalagi yang disebut keterampilan itu apabila sudah dapat kita lakukan secara otomatis tanpa berpikir (automatically without thinking).
Listening
Jika anda sudah bisa mendengar dan memahami pembicaraan orang
Speaking
Jika anda sudah memiliki kemampuan untuk menyampaikan semua bentuk pikiran, perasaan dan kebutuhan anda secara lisan
Reading
Jika anda sudah memiliki kemampuan untuk memahami bacaan
Writing
Jika anda sudah mampu untuk menyampaikan pikiran, perasaan atau kebu tuhan anda dalam bentuk bahasa tertulis

Tunggu lanjutannya di postingan berikutnya

No comments:

Post a Comment

Mohon Tinggalkan Komentar anda untuk kebaikan blog ini.........

alexa rank

langganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner